Keanekaragaman Tumbuhan Herba di Kawasan Restorasi Stasiun Riset Soraya Kawasan Ekosistem Leuser

Sherly Nuzulianza, 160703078 (2023) Keanekaragaman Tumbuhan Herba di Kawasan Restorasi Stasiun Riset Soraya Kawasan Ekosistem Leuser. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Keanekaragaman Tumbuhan Herba di Kawasan Restorasi Stasiun Riset Soraya Kawasan Ekosistem Leuser] Text (Keanekaragaman Tumbuhan Herba di Kawasan Restorasi Stasiun Riset Soraya Kawasan Ekosistem Leuser)
Sherly Nuzulianza, 160703078, FST, BIO.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Tumbuhan herba merupakan tumbuhan biji tertutup (Agiospermae) yang tergolong bersifat kosmopolit, memiliki daya saing hidup yang tinggi, tidak terpengaruh cuaca dan iklim sehingga mampu hidup pada habitat apa saja termasuk di Kawasan Restorasi Stasiun Riset Soraya. Kawasan Restorasi Stasiun Riset Soraya merupakan kawasan pengembalian kembali keadaan hutan yang mengalami kerusakan ke kondisi semula atau hampir menyerupai kondisi semula, yang mulai dilakukan tahun 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengindetifikasi jenis tumbuhan herba dan menganalisis tingkat keanekaragaman. Identifikasi dilakukan untuk mengetahui nama serta pengelompokkan, sedangkan analisis keanekaragaman dilakukan untuk mengetahui jumlah jenis atau jumlah individu. Penelitian ini dilakukan di kawasan Restorasi Stasiun Riset Soraya, pada bulan Desember 2021. Metode penelitian menggunakan line transect dengan panjang 100 m, dan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik pembuatan plot 1x1, per 20 m line transect dilakukan pengambilan sampel sebanyak 18 plot. Hasil pada penelitian ini ditemukan nya 3431 individu tumbuhan herba dari 40 Spesies dan 26 familia. Spesies Asystasia gangetica merupakan spesies yang paling dominan mencapai 585 individu sedangkan familia dari Poaceae merupakan familia dengan jumlah jenis terbanyak yakni 5 jenis spesies, dengan perolehan nilai H’2,743 yang dikategorikan dengan nilai keanekaragaman sedang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Biologi
Depositing User: Sherly Nuzulianza
Date Deposited: 29 Sep 2023 03:35
Last Modified: 29 Sep 2023 03:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32987

Actions (login required)

View Item
View Item