Kemampuan Ekstrak Etanol Cendawan Endofit Dari Daun Jagung Manis (Zea Mays Saccharata L.) Terhadap Patogen Alternaria Sp. Dan Penicillium Sp.

Deby Arvina, 170703023 (2023) Kemampuan Ekstrak Etanol Cendawan Endofit Dari Daun Jagung Manis (Zea Mays Saccharata L.) Terhadap Patogen Alternaria Sp. Dan Penicillium Sp. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Kemampuan Ekstrak Etanol Cendawan Endofit Dari Daun Jagung Manis (Zea mays saccharata L.) Terhadap Patogen  Alternaria sp. dan Penicillium sp.] Text (Kemampuan Ekstrak Etanol Cendawan Endofit Dari Daun Jagung Manis (Zea mays saccharata L.) Terhadap Patogen Alternaria sp. dan Penicillium sp.)
BIO_FST_SKRIPSI_DEBY ARVINA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Cendawan endofit merupakan cendawan yang terdapat pada jaringan tanaman yang tidak menyebabkan gejala penyakit pada tanaman inang. Cendawan endofit dapat memproduksi senyawa metabolit dan efektif dalam mengendalikan beberapa spesies patogen. Salah satu penyakit yang sering ditemukan dan dilaporkan adalah bercak daun Alternaria sp.dan penyakit bercak daun Penicillium sp. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan uji antimikroba ekstrak etanol cendawan endofit dalam menghambat pertumbuhan terhadap Alternaria sp. dan Penicillium sp. Ekstrak etanol cendawan endofit kode ED5 diekstraksi dengan metode maserasi dengan pelarut etanol 70% dan didapatkan ekstrak kental. Uji fitokimia menggunakan metode tabung atau metode pengujian warna dengan menggunakan suatu pereaksi warna. Hasil uji fitokimia berdasarkan ekstrak etanol cendawan endofit kode ED5 mengandung senyawa alkaloid, saponin, tanin dan steroid. Uji aktivitas antimikroba ekstrak etanol cendawan endofit dengan menggunakan metode peracunan media menggunakan metode lubang atau sumuran. Hasil uji antimikroba ekstrak etanol cendawan endofit didapatkan persentase penghamabatan konsentrasi 50% menunjukkan aktivitas kuat terhadap Alternaria sp. sedangkan Penicillium sp. menunjukkan aktivitas lemah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 579 Mikro Organisme, Fungi, Algae(alga Ganggang)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Biologi
Depositing User: Deby Arvina Deby
Date Deposited: 29 Sep 2023 03:39
Last Modified: 29 Sep 2023 03:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32993

Actions (login required)

View Item
View Item