Strategi Kepala Administrasi Dalam Peningkatan Pelayanan Administrasi Sekolah di SMP Negeri 1 Jaya Lamno Aceh Jaya

Mahyati, 190206031 (2023) Strategi Kepala Administrasi Dalam Peningkatan Pelayanan Administrasi Sekolah di SMP Negeri 1 Jaya Lamno Aceh Jaya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Strategi, Peningkatan, Pelayanan Administrasi] Text (Strategi, Peningkatan, Pelayanan Administrasi)
SKRIPSI MAHYATI 190206031 FULL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK

Nama : Mahyati
NIM : 190206031
Fakultas/Prodi : Tarbiyah dan Keguruan /Manajemen
Pendidikan Islam
Judul : Strategi Kepala Administrasi
dalam Peningkatan Pelayanan
Administrasi Sekolah di SMP
Negeri 1 Jaya Lamno Aceh Jaya
Tebal Skripsi : 98 Halaman
Pembimbing I : Drs. Yusri M. Daud, M. Pd
Pembimbing II : Dr. Safriadi, M. Pd
Kata Kunci : Strategi, Peningkatan, Pelayanan
Administrasi

Pelayanan administrasi sekolah bertujuan untuk menjaga kelancaran operasional sehari-hari dan mendukung fungsi pendidikan secara keseluruhan. Kepala administrasi sekolah membutuhkan strategi dalam peningkatan pelayanan administrasi agar pelayanan terus meningkat, karena keberhasilan pendidikan disekolah harus ditunjang oleh pelayanan administrasi sekolah yang teratur, terarah, dan terencana. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi kepala administrasi dalam peningkatan pelayanan administrasi di SMP Negeri 1 Jaya Kabupaten Aceh Jaya, untuk mengetahui kendala dalam meningkatkan pelayanan administrasi sekolah di SMP Negeri 1 Jaya Kabupaten Aceh Jaya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan objek penelitian yaitu kepala sekolah, kepala administrasi sekolah dan staf administrasi sekolah. Analisis data yang dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi yang dilakukan oleh kepala administrasi dalam meningkatkan pelayanan administrasi di SMP Negeri 1 Jaya Kabupaten Aceh Jaya, yaitu melakukan perencanaan kepala administrasi sekolah dengan cara analisis pekerjaan dan analisis jabatan, melakukan upaya memotivasi staf, melakukan pengembangan dan pembinaan yang dilakukan sendiri oleh kepala admnistrasi sekolah. Kendala-kendala yang terjadi dalam peningkatan pelayanan administrasi sekolah di SMP Negeri 1 Jaya Kabupaten Aceh Jaya kurangnya kemampuan dan keterampilan staf administrasi, staf sedikit sulit dalam menyesuaikan deskripsi pekerjaan yang baru, kurang memadai sarana dan prasarana yang diberikan oleh sekolah sehingga dapat menunda pekerjaan, kemudian tidak adanya pelatihan khusus untuk peningkatan pelayanan administrasi dari pihak sekolah dan hanya di latih oleh kepala administrasi sekolah sendiri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mahyati Mahyati
Date Deposited: 29 Sep 2023 03:42
Last Modified: 29 Sep 2023 03:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32998

Actions (login required)

View Item
View Item