Sistem Pengembalian Hutang pada Koperasi Ditinjau Menurut Konsep Al-Qarḍ (Penelitian Pada Koperasi Pegawai Negeri Muamalah Fakultas Syari'ah dan Hukum UIN Ar-Raniry)

Syarifah Muthmainnah, 121209306 (2017) Sistem Pengembalian Hutang pada Koperasi Ditinjau Menurut Konsep Al-Qarḍ (Penelitian Pada Koperasi Pegawai Negeri Muamalah Fakultas Syari'ah dan Hukum UIN Ar-Raniry). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text
KESELURUHAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengembalian hutang adalah seseorang memberikan kembali atas pinjaman yang dilakukanya tanpa adanya penambahan atau pengurangan dalam pengembalian hutang tersebut. Adapun Penelitian ini ditinjau berdasarkan konsep Al-Qarḍ yaituperjanjian akad pinjam-meminjam dari seseorang atau suatu lembaga (Muqriḍ) yang wajib dikembalikan dengan jumlah yang sama tanpa adanya penambahan dari pinjaman pokok dengan jangka waktu yang telah disepakati oleh kedua pihak, akad ini merupakan akad tolong menolong tanpa mengharapkan imbalan. Pada Penelitian ini penulis akan membahas tentang sistem peminjaman dana yang dilakukan oleh salah satu Koperasi yang didirikan pada Fakultas Syari'ah dan Hukum yaitu Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Muamalah. Ada dua pertanyaan dalam skripsi inipertama, Bagaimana sistem pengembalian hutang yang dilakukan oleh anggota KPN Muamalah Fakultas Syari'ah dan Hukum UIN Ar-Raniry.Kedua bagaimana tinjauan konsep Al-Qarḍterhadap praktik pengembalian hutang pada KPN Muamalah Fakultas Syari'ah dan Hukum. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif analisis,yaitu metode yang mengambarkan atau menganaliskan permasalahan yang telah dikemukakan. Adapun bentuk pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan penelitianlapangan (Field Research) untuk mengumpulkan data primer sedangkan untuk data sekunder dilakukan melalui penelitian perpustakaan(library research). Adapun teknik pengumpulan data yang diperoleh dengan wawancara dan mengumpulkan dokumentasi.Hasil penelitianmenunjukkan bahwa,Pertama, Penyaluran dana yang dilakukan oleh Koperasi Muamalah ini adalah setiap pengembalian pinjaman, pihak koperasi akan mengambil 10% tambahan nilai dari pinjaman pokok, yang akan dipotong langsung dari gaji para pegawai itu sendiri dengan jangka waktu 10 bulan masa pengembalian.Sistem praktik pinjaman yang digunakan oleh KPN muamalahadalah pengembalian beserta tambahan dari pinjaman pokok (bunga), yang mana konsep bunga adalah praktik keuangan yang berbasasis konvesional. Kedua, Praktik yang dijalankan oleh Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Muamalah tidak sesuai dengan Al-Qarḍ. Karena masih menggunakan praktik bunga yang dianut oleh bank konvesional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. EMK. Alidar,S.Ag.,M.Hum : NIP:19746261994021003. 2. Misran, S.Ag., M.Ag : NIP : 197507072006051004
Uncontrolled Keywords: Pengembalian Hutang, Koperasi
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Syarifah Muthmainnah
Date Deposited: 12 Aug 2017 04:54
Last Modified: 12 Aug 2017 04:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/330

Actions (login required)

View Item View Item
TOP