Penggunaan Metode Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS di Kelas V MIN 26 Aceh Besar

Riski Anandar, 160209103 (2023) Penggunaan Metode Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS di Kelas V MIN 26 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penggunaan Metode Index Card Match] Text (Penggunaan Metode Index Card Match)
Riski Anandar, 160209103, FTK, PGMI, 08.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Keberhasilan proses belajar mengajar ditandai dengan hasil belajar yang memuaskan. Proses belajar yang buruk dapat mengakibatkan hasil belajar yang kurang baik. Hasil belajar siswa kelas V MIN 26 Aceh Besar terlihat pada pembelajaran IPS masih rendah, hal ini di mungkinkan karena kurangnya keterlibatan siswa secara aktif dalam belajar seperti kegiatan berdiskusi, sehingga diperlukan penerapan metode yang dapat mengaktifkan siswa dalam belajar agar hasil belajar siswa meningkat, yaitu dengan penerapan metode index card match. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa melalui penggunaan metode index card match pada pembelajaran IPS Tema 8 di kelas V MIN 26 Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa selama mengikuti pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar soal tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil pengamatan aktivitas guru pada siklus I memperoleh persentase 72% (baik), dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 91% (sangat baik). Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I memperoleh persentase 75% (baik) dan siklus II mengalami peningkatan menjadi 91% (sangat Baik). Sedangkan hasil belajar siswa yang diperoleh pada siklus I hanya 18 siswa yang tuntas dengan nilai 60% dan yang tidak tuntas 12 siswa dengan nilai 40%. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 26 siswa mencapai ketuntasan dengan nilai 86% dan 4 siswa tidak tuntas dengan nilai 14%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran index card match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Riski Anandar Nandar
Date Deposited: 29 Sep 2023 03:43
Last Modified: 29 Sep 2023 03:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33018

Actions (login required)

View Item
View Item