Efektifitas Penerapan Pembelajaran Daring di Prodi Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry

Tesa Yusrita, 180402080 (2023) Efektifitas Penerapan Pembelajaran Daring di Prodi Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pembelajaran Daring] Text (Pembelajaran Daring)
Tesa Yusrita, 180402080, FDK, BKI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang dilakukan di rumah dengan menggunakan media seperti HP dan labtop dan dengan menggunakan berbagai macam aplikasi atau LMS seperti google classroom, Google Meet, zoom dan WhatsApp. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah pertama, Untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran daring di prodi BKI. Kedua Untuk mengetahui gambaran keefektifan proses pembelajaran daring di prodi BKI Fakultas dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, informan penelitian berjumlah 8 orang, yang terdiri dari 2 orang dosen dan 6 orang mahasiswa. Adapun Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama pelaksanaan pembelajaran daring dilakukan di rumah dengan menggunakan media seperti HP dan labtop dan dengan menggunakan berbagai macam aplikasi atau LMS seperti google classroom, Google Meet, zoom dan juga WhatsApp, selanjutnya pembelajaran dilakukan secara personal di rumah dengan terstruktur dan mampu menghubungkan antara mahasiswa dengan dosen. Kedua Pembelajaran daring di prodi BKI fakultas Dakwah dan Komunikasi berjalan dengan kurang efektif, hal ini dikarenakan terdapat berbagai kendala seperti keterbatasan jaringan atau akses jaringan yang sulit, selanjutnya penggunaan kuota internet yang besar, mahasiswa kurang memahami materi, kurang mampu berinteraksi dan berkomunikasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Tesa Yusrita Tesa
Date Deposited: 29 Sep 2023 03:37
Last Modified: 29 Sep 2023 03:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33021

Actions (login required)

View Item
View Item