Analisis Optimalisasi Pengumpulan Zakat Di Baitul Mal Kabupaten Pidie

Nuzulul Azmi, 190102045 (2023) Analisis Optimalisasi Pengumpulan Zakat Di Baitul Mal Kabupaten Pidie. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Syariah dan Hukum.

[thumbnail of Analisis Optimalisasi Pengumpulan Zakat Di Baitul Mal Kabupaten Pidie] Text (Analisis Optimalisasi Pengumpulan Zakat Di Baitul Mal Kabupaten Pidie)
Nuzulul Azmi, 190102045, FSH, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana usaha Baitul Mal dalam upaya optimalisasi tugas dan fungsinya sebagai lembaga amil dalam Pengumpulan zakat di Kabupaten Pidie, dan bagaimana peran pemerintah Kabupaten Pidie dalam mendukung optimalisasi pengumpulan zakat di Baitul Mal. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode pendekatan yuridis empiris. Sumber data yang digunakan meliputi data primer dan sekunder. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa Baitul Mal Kabupaten Pidie melakukan berbagai upaya untuk mengoptimalkan peran sebagai lembaga pengumpulan zakat seperti meminta dukungan dari pemerintah dan tokoh agama, membuat program menarik seperti beasiswa, membangun tenaga kerja perempuan dan laki-laki, memberikan modal usaha tanpa bunga, dan pemasangan spanduk iklan. Mereka berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membayar zakat di Baitul Mal Kabupaten Pidie. Namun usaha yang dilakukan Baitul Mal Kabupaten Pidie belum maksimal karena total zakat yang terkumpul di Baitul Mal sangat sedikit sehingga diperlukan dukungan dari pemerintah untuk memaksimalkan pengumpulan zakat di Baitul Mal Kabupaten Pidie. Meskipun ada tantangan dalam implementasi, dukungan dari berbagai pihak termasuk pemerintah, dianggap penting untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengelolaan zakat di Baitul Mal Kabupaten Pidie.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Nuzulul Azmi
Date Deposited: 02 Oct 2023 02:54
Last Modified: 02 Oct 2023 02:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33029

Actions (login required)

View Item
View Item