Perbandingan Pertumbuhan Tanaman Selada Merah (Lactuca sativa var. crispa) Menggunakan Teknik Hidroponik Sistem DFT (Deep flow technique ) Yang Diberi Nutrisi Ab-Mix dan Pupuk Organik Cair Daun Kelor ( Moringa Oleifera )

Yosi Rosalita, 180703019 (2023) Perbandingan Pertumbuhan Tanaman Selada Merah (Lactuca sativa var. crispa) Menggunakan Teknik Hidroponik Sistem DFT (Deep flow technique ) Yang Diberi Nutrisi Ab-Mix dan Pupuk Organik Cair Daun Kelor ( Moringa Oleifera ). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Perbandingan Pertumbuhan Tanaman Selada Merah     (Lactuca sativa var. crispa) Menggunakan Teknik Hidroponik Sistem DFT (Deep flow technique ) Yang Diberi Nutrisi Ab-Mix dan Pupuk Organik Cair Daun Kelor ( Moringa Oleifera )] Text (Perbandingan Pertumbuhan Tanaman Selada Merah (Lactuca sativa var. crispa) Menggunakan Teknik Hidroponik Sistem DFT (Deep flow technique ) Yang Diberi Nutrisi Ab-Mix dan Pupuk Organik Cair Daun Kelor ( Moringa Oleifera ))
SKRIPSI YOSI ROSALITA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Hidroponik dikenal sebagai budidaya tanaman tanpa tanah, istilah hidroponik digunakan untuk menjelaskan cara bercocok tanam tanpa menggunakan tanah sebagai media tanam dengan penambahan nutrisi hara untuk pertumbuhan. Hidroponik DFT (Deep Flow Technique) menjadi teknik penanaman yang digunakan pada penelitian ini dengan mensirkulasikan larutan nutrisi dan media tanam secara terus menerus selama 24 jam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk organik cair daun kelor dan nutrisi Ab Mix terhadap pertumbuhan tanaman selada merah (Lactuca sativa var. crispa) dan untuk mengetahui perbedaan pertumbuhan tanaman selada merah (Lactuca sativa var. crispa) dengan pemberian pupuk organik cair daun kelor dan nutrisi Ab Mix. Penelitian ini di lakukan pada bulan Januari-Maret di Kebun Hidroponik Gampong Peurada Banda Aceh. Analisis data dilakukan menggunakan Uji Independent Sampel T-Test dan Uji Man-Whitney dengan 2 perlakuan media tanam yaitu, 1 media tanam menggunakan nutrisi Ab Mix dan perlakuan 2 menggunakan Pupuk Organik Cair Daun Kelor ( Moringa oleifera ). Berdasarkan hasil Uji Independent Sampel T-Test dari parameter tinggi tanaman, jumlah daun (helai) dan lebar daun memiliki hasil yang signifikan dengan pemberian media tanam nutrisi Ab Mix dan Pupuk Organik Cair Daun Kelor yaitu <0,05 dan hasil Uji Man-Whitney dari parameter bobot brangkasan basah memiliki hasil yang signifikan dengan pemberian media tanam nutrisi Ab Mix dan Poc Daun Kelor yaitu <0,05, sedangkan parameter morfologi daun selada merah memiliki bentuk daun yang sama yaitu berbentuk memanjang dan lebar, masing-masing daun berwarna hijau di bagian pangkal dan berwarna merah di bagian atas, daun selada merah pada perlakuan pupuk organik cair daun kelor lebih merah dibandingkan dengan perlakuan nutrisi Ab Mix.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 575 Bagian Spesifik dan sistem Fisiologi Pada Tumbuhan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Biologi
Depositing User: Yosi Rosalita Yosi
Date Deposited: 29 Sep 2023 04:07
Last Modified: 29 Sep 2023 04:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33043

Actions (login required)

View Item
View Item