Ṣiyagu Alaf’aalu Baina Allugatu Al’arabiyatu Wa Allugatu Alaalasiyatu (Dirasah Muqaranah)

Rini Wati, 180502061 (2023) Ṣiyagu Alaf’aalu Baina Allugatu Al’arabiyatu Wa Allugatu Alaalasiyatu (Dirasah Muqaranah). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Ṣiyagu Alaf’aalu Baina Allugatu Al’arabiyatu Wa Allugatu Alaalasiyatu (Dirasah Muqaranah)] Text (Ṣiyagu Alaf’aalu Baina Allugatu Al’arabiyatu Wa Allugatu Alaalasiyatu (Dirasah Muqaranah))
Rini Wati, 180502061, FAH, BSA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “ṣiyagu alaf’aalu baina allugatu al’arabiyatu wa allugatu alaalasiyatu” (Dirasah Muqaranah). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran persamaan dan perbedaan bentuk-bentuk kata kerja bahasa Arab dan bahasa alas. Teori yang digunakan peneliti adalah teori sharaf dan system morfologi alas, adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kompratif, dimana penelitian ini membandingkan dua bahasa yang ada. Diantara hasil yang diperoleh peneliti terdapat persamaan dan perbedaan antara bahasa arab dan bahasa alas, yaitu persamaan diantara keduanya adalah dalam 1. kata kerja transitif dan intransitive, 2. kata kerja dasar dan penambahan, 3. kata kerja aktif dan pasif. Adapun perbedaan di antara keduanya adalah 1. dalam nentukan waktu, 2. Sehat dan sakit, jamid dan mutasarrif, 3. Turunan .

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Rini Wati
Date Deposited: 29 Sep 2023 03:59
Last Modified: 29 Sep 2023 03:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33044

Actions (login required)

View Item
View Item