Aktivitas Antibakteri Dari Fermentasi Air Kelapa (Cocos nucifera) Terhadap Ralstonia sp. Pada Tanaman Tomat (Solanum lycopersicum)

Cut Ranti Agustina, 180703049 (2023) Aktivitas Antibakteri Dari Fermentasi Air Kelapa (Cocos nucifera) Terhadap Ralstonia sp. Pada Tanaman Tomat (Solanum lycopersicum). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Aktivitas Antibakteri Dari Fermentasi Air Kelapa (Cocos    nucifera) Terhadap Ralstonia sp. Pada Tanaman Tomat    (Solanum lycopersicum)] Text (Aktivitas Antibakteri Dari Fermentasi Air Kelapa (Cocos nucifera) Terhadap Ralstonia sp. Pada Tanaman Tomat (Solanum lycopersicum))
skripsi ranti yaa 2 EDIT.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penyakit layu pada tanaman tomat disebabkan oleh bakteri Ralstonia sp. yang mengakibatkan tanaman tomat menjadi kerdil, layu dan klorosis sehingga membuat tanaman tomat mengalami penurunan produksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas antibakteri Ralstonia sp. pada tanaman tomat. Air kelapa mengandung senyawa kimia berupa karbohidrat seperti fruktosa, glukosa inositol, sorbitol dan juga nitrogen. Selain itu, air kelapa juga memiliki vitamin dan hormon dalam menghambat pertumbuhan bakteri. Metode isolasi Ralstonia sp. diambil dari sampel akar tanaman tomat yang telah terinfeksi penyakit layu dan diisolasi pada media YPGA. Pengujian aktivitas antibakteri menggunakan metode difusi sumuran dan pengujian fitokimia menggunakan metode skrining. Dari hasil penelitian diperoleh 8 isolat bakteri. Hanya 1 isolat dengan genus Ralstonia sp. (LS 3). Hasil pengujian fitokimia air kelapa mengadung senyawa alkaloid. Berdasarkan hasil uji aktivitas fermentasi air kelapa terhadap Ralstonia sp. menunjukkan zona bening yang terbentuk pada konsentrasi 75% sebesar 2,73 mm dan konsentrasi 100% sebesar 9,63 mm.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 579 Mikro Organisme, Fungi, Algae(alga Ganggang)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Biologi
Depositing User: Cut Ranti Agustina Ranti
Date Deposited: 29 Sep 2023 04:08
Last Modified: 24 Jan 2024 08:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33052

Actions (login required)

View Item
View Item