Pengaruh Sistem Konsinyasi UMKM Terhadap Pendapatan Masyarakat Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Toko Kue Pagi di Gampong Keude Cunda Kecamatan Muara Dua Kota Lhokseumawe)

Fathurrahman, 160602031 (2023) Pengaruh Sistem Konsinyasi UMKM Terhadap Pendapatan Masyarakat Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Toko Kue Pagi di Gampong Keude Cunda Kecamatan Muara Dua Kota Lhokseumawe). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Sistem Konsinyasi UMKM, Kue Pagi, Perspektif Ekonomi Islam] Text (Sistem Konsinyasi UMKM, Kue Pagi, Perspektif Ekonomi Islam)
Fathurrahman, 160602031, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Kue Pagi adalah salah satu jajanan sarapan pagi yang mempunyai peran dalam meningkatkan perekonomian keluarga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Usaha kue pagi ini ikut membantu pembangunan kesejahteraan perekonomian masyarakat dengan memperluas lapangan pekerjaan dan juga meningkatkan pendapatan perekonomian keluarga untuk memenuhi kebutuhan hidup. Keberadaan usaha kue pagi ini diharapkan dapat mewujudkan kesejahteraan perekonomian terhadap keluarga penjual kue, penitip kue dan juga masyarakat secara material dan spiritual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh sistem konsinyasi pada usaha kue pagi dalam meningkatkan pendapatan masyarakat di Gampong Keude Cunda dan mengetahui peran penjual kue dalam meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat di Gampong Keude Cunda dalam perspektif ekonomi Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode kualitatif yang dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menyatakan bahwa keberadaan usaha kue pagi di Gampong Keude Cunda mampu meningkatkan pendapatan masyarakat khususnya para penjual/penyedia lapak dan penitip kue, dan lebih jauh lagi dengan adanya usaha kue pagi ini dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan para penjual dan penitip kue walaupun tidak meningkat secara keseluruhan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Fathurrahman Fathur
Date Deposited: 29 Sep 2023 04:18
Last Modified: 29 Sep 2023 04:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33056

Actions (login required)

View Item
View Item