Efektifitas YouTube Terhadap Wawasan Keislaman (Studi Kasus Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh)

Zulvan Arief Dermawan, 160201081 (2023) Efektifitas YouTube Terhadap Wawasan Keislaman (Studi Kasus Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Efektifitas YouTube Terhadap Wawasan Keislaman (Studi Kasus Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh)] Text (Efektifitas YouTube Terhadap Wawasan Keislaman (Studi Kasus Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh))
Zulvan Arief Dermawan, 160201081, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Pemahaman keislaman sebagai salah satu komponen krusial yang wajib dimiliki oleh mahasiswa PAI dalam upaya memperdalam pengetahuan dan nilai- nilai ajaran Islam untuk membentuk kompetensi profesional calon pendidik. Terdapat berbagai faktor yang bisa mempengaruhi tingkat pemahaman keislaman setiap individu, baik faktor internal maupun faktor eksternal. Pendukung tercapainya pemahaman keislaman mahasiswa PAI yang baik mencakup kemampuan dalam bersikap kritis, cermat, bijak, berfikiran objektif dan menghargai keberagaman terhadap informasi keislaman yang didapatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan media YouTube terhadap pemahaman keislaman Mahasiswa Prodi PAI angkatan 2016 pada UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kombinasi. Teknik dalam pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan peneliti yaitu reduksi data, penyajian data, serta menggunakan analisis kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan media sosial terhadap pemahaman keislaman Mahasiswa PAI angkatan 2016 di UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Penggunaan media YouTube efektif terhadap peningkatan pemahaman keislaman menunjukkan angka 73,5 %. Media YouTube berpengaruh dalam membentuk pola pikir mahasiswa, menentukan serta mengembangkan pemahaman terhadap informasi keislaman yang mereka terima. Mahasiswa yang mempunyai kepribadian baik dan tangguh dapat menentukan pandangan dan pemahaman mereka terhadap isu yang diterima, khususnya isu keislaman. Hanya ada beberapa mahasiswa yang kurang melakukan cross check terhadap isu yang didapatkan

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: YouTube, Pemahaman Wawasan Keislaman dan Mahasiswa Prodi PAI
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zulvan Arief Dermawan Zulvan
Date Deposited: 29 Sep 2023 04:15
Last Modified: 29 Sep 2023 04:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33058

Actions (login required)

View Item
View Item