Perencanaan Sistem Pengelolaan Sampah dengan Partisipasi Masyarakat di Gampong Cot Ba’U Kota Sabang.

Muhammad Dany, 180702057 (2023) Perencanaan Sistem Pengelolaan Sampah dengan Partisipasi Masyarakat di Gampong Cot Ba’U Kota Sabang. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Timbulan sampah, Komposisi sampah, Partisipasi                                        masyarakat, Pengelolaan sampah.] Text (Timbulan sampah, Komposisi sampah, Partisipasi masyarakat, Pengelolaan sampah.)
Muhammad Dany, 180702057, FST, TL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Kota Sabang dibagi dalam 3 Kecamatan dan memiliki 18 Gampong, salah satunya ialah Gampong Cot Ba’U memiliki penduduk berjumlah 7.769 jiwa atau 1.986 KK pada tahun 2021. Sistem pengelolaan sampah yang telah dilakukan di Gampong Cot Ba’U masih belum optimal dan hanya sebatas kumpul-angkut-buang, Adapun tujuan dari perencanaan ini yaitu untuk melakukan perencanaan sistem pengelolaan sampah dengan melibatkan partisipasi masyarakat di Gampong Cot Ba’U agar masyarakat mengelola sampah dengan benar dari rumah masing-masing dan ingin mengetahui partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah di Gampong Cot Ba’U saat ini. Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Perencanaan ini melibatkan partisipasi masyarakat dalam mengelola sampah dengan cara 3R dari sumber sampah hingga mendapatkan penghasilan sampingan dan pengadaan TPS 3R yang memiliki tempat pengolahan seperti pembuatan kompos dan pencacahan plastik. Rata-rata timbulan sampah penduduk Gampong Cot Ba’U setelah dihitung dari timbulan sampah domestik dan sampah non domestik adalah 0,14 kg/orang/hari atau 2 L/orang/hari, adapun komposisi sampah terdiri dari sisa makanan (organik) sebanyak 33%, kertas 23%, plastik 36%, kayu 3%, kaca 4% dan kain/tekstil 1%, Jika Masyarakat aktif dalam pemilahan sampah untuk melakukan pengomposan dan daur ulang sampah dan dilakukan juga di TPS 3R, maka 69 % dari sampah organik dan sampah plastik Gampong Cot Ba’U akan berkurang yang masuk ke Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) setiap harinya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
600 Technology (Applied Sciences) > 620 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Tehnik Lingkungan
Depositing User: Muhammad Dany Dany
Date Deposited: 29 Sep 2023 04:04
Last Modified: 29 Sep 2023 04:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33060

Actions (login required)

View Item
View Item