Pengendalian Patogen Fusarium Sp. Dan Colletotrichum Sp. Pada Tanaman Pisang Barangan (Musa Acuminata) Dengan Menggunakan Ekoenzim

Burdah Asni, 180703029 (2023) Pengendalian Patogen Fusarium Sp. Dan Colletotrichum Sp. Pada Tanaman Pisang Barangan (Musa Acuminata) Dengan Menggunakan Ekoenzim. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Sains dan Teknologi.

[thumbnail of Pengendalian Patogen Fusarium Sp. Dan Colletotrichum Sp. Pada Tanaman Pisang Barangan (Musa Acuminata) Dengan Menggunakan Ekoenzim] Text (Pengendalian Patogen Fusarium Sp. Dan Colletotrichum Sp. Pada Tanaman Pisang Barangan (Musa Acuminata) Dengan Menggunakan Ekoenzim)
Burdah Asni, 180703029, FST, BIO.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Pisang Barangan (Musa acuminata) merupakan famili Musaceae yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan berpoptensi sebagai bahan komersial dan diversifikasi pangan. Salah satu penyakit tanaman pisang barangan (Musa acuminata) yang menyebabkan kerusakan yang cukup tinggi adalah penyakit layu Fusarium sp. dan penyakit antraknosa Colletotrichum sp. Penelitian ini bertujuan untuk mengendalikan Fusarium sp. dan Colletotrichum sp. dengan menggunakan ekoenzim. Pada penelitian ini ekoenzim dibuat dari limbah kulit buah yang difermentasi selama tiga bulan. Pengujian aktivitas pengendalian patogen Fusarium sp. dan Colletotrichum sp. menggunakan metode difusi sumuran. Hasil uji fitokimia ekoenzim mengandung alkaloid dan saponin. Ekoenzim pada kosentrasi 10% sampai 40% menunjukan aktivitas kuat dan sangat kuat terhadap Fusarium sp. sedangkan ekoenzim pada konsentrasi 20% menunjukan aktivitas sangat kuat terhadap Colletotrichum sp.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Biologi
Depositing User: Burdah Asni
Date Deposited: 29 Sep 2023 04:09
Last Modified: 29 Sep 2023 04:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33065

Actions (login required)

View Item
View Item