Gambaran Psychological Well-Being Pada Mahasiswa Baru Di Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry

Aisyah Raihan Fadilla, 190402059 (2023) Gambaran Psychological Well-Being Pada Mahasiswa Baru Di Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Gambaran Psychological Well-Being Pada Mahasiswa Baru Di Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry] Text (Gambaran Psychological Well-Being Pada Mahasiswa Baru Di Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry)
SKRIPSI AISYAH RAIHAN FADILLA (190402059).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (22MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang ditemukan pada beberapa mahasiswa baru dari setiap Prodi yang ada di Fakultas Dakwah dan Komunkasi UIN Ar-Raniry mengalami berbagai masalah, yaitu berupa masalah akademik maupun masalah non-akademik, yang memberikan pengaruh terhadap psychological well-being atau kesejahteraan psikologis pada mahasiswa baru tersebut. Penelitian ini bertujuan pertama, untuk mengetahui gambaran psychological well-being pada mahasiswa baru. Kedua, untuk mengetahui faktor- faktor yang dapat mempengaruhi psychological well-being pada mahasiswa baru. Ketiga, untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh mahasiswa baru untuk meningkatkan psychological well-being. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi non-partisipan, wawancara semi-terstruktur, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 5 (lima) orang yang dipilih sesuai dengan kriteria tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) gambaran psychological well-being pada mahasiswa baru ada yang baik umumnya ditandai dengan kemampuan memenuhi dimensi hubungan positif dengan orang lain, dimensi tujuan hidup, dan dimensi pertumbuhan pribadi. Selanjutnya, ada yang kurang baik umumnya ditandai dengan kurang tercapainya dengan baik pada dimensi penerimaan diri, dimensi otonomi/kemandirian, dan dimensi penguasaan lingkungan, (2) faktor-faktor yang dapat mempengaruhi psychological well-being pada mahasiswa baru diantaranya faktor jenis kelamin, faktor status sosial ekonomi, faktor dukungan sosial, faktor kepribadian, faktor religiusitas, dan faktor pendidikan, (3) upaya yang dilakukan mahasiswa baru untuk meningkatkan psychological well-being diantaranya membutuhkan orang lain untuk berbicara atau bercerita mengenai hal apapun sehingga mendapatkan arahan dan masukan, mengendalikan pikiran agar tetap tenang atau santai, meminimalisir apapun yang terjadi dengan baik, meyakinkan dan memotivasi diri sendiri, serta melakukan berbagai kegiatan yang positif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.2019 Psikologi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Aisyah Raihan Fadilla Aisyah
Date Deposited: 29 Sep 2023 03:58
Last Modified: 29 Sep 2023 03:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33070

Actions (login required)

View Item
View Item