Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada pembelajaran Tematik di Kelas IV MIN 3 Aceh Barat Daya

Shanti Bella Rahmiyanti, 180209120 (2023) Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada pembelajaran Tematik di Kelas IV MIN 3 Aceh Barat Daya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay] Text (Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay)
pdf skripsi shanti bella rahmiyanti.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB)

Abstract

ABSTRAK

Nama : Shanti Bella Rahmiyanti
NIM : 180209120
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Course Review
Horay untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan
Hasil Belajar Siswa pada pembelajaran Tematik di
Kelas IV MIN 3 Aceh Barat Daya
Tanggal Sidang : 08 Mei 2023
Tebal Skripsi : 176 Halaman
Pembimbing I
Daniah, S.Si., M.Pd.
Pembimbing II
SyahidanNurdin., M.Pd.
Kata Kunci
Course Review Horay, Motivasi, Hasil Belajar

Motivasi merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Namun, masih banyak siswa yang kurang termotivasi dalam proses pembelajaran seperti siswa kurang berkonsentrasi dalam pembelajaran serta tidak fokus saat mengerjakan tugas, hal ini dapat dilihat dari hasil belajar yang kurang di kelas sehingga mengakibatkan banyak siswa yang nilainya tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dengan permasalahan tersebut dalam proses belajar berlangsung menggunakan penerapan model pembelajaran course
review horay yang dapat membantu meningkatkan motivasi serta hasil belajar siswa. Tujuan penelitian yaitu: (1) mengetahui aktivitas guru dalam menggunakan model pembelajaran course review horay di kelas IV, (2) mengetahui aktivitas siswa terhadap penerapan model pembelajaran course review horay di kelas IV, (3) untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa sesudah menggunakan model pembelajaran course review horay di kelas IV, (4) untuk mengetahui motivasi belajar siswa sesudah menggunakan model pembelajaran course review horay di kelas IV. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan 4 tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), observasi (observation) dan refleksi (reflection). Instrumen penelitian yaitu berupa lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa. Penelitian menunjukkan bahwa (1) persentase hasil penelitian aktivitas guru pada siklus I yaitu 78% dan pada siklus II 83%, persentase hasil penelitian aktivitas siswa pada siklus I 80% dan pada siklus II 82%, persentase motivasi belajar pada siklus I 30% dan pada siklus II 80%, persentase hasil belajar pada siklus I 57,14 % dan pada siklus II 85,71%. Berdasarkan hasil data tersebut dapat di simpulkanbahwa dengan adanya penerapan model pembelaajaran course review horay dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada kegiatan pembelajaran tematik siswa kelas IV MIN 3 Aceh Barat Daya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Shanti Bella Rahmiyanti Shanti
Date Deposited: 29 Sep 2023 04:08
Last Modified: 29 Sep 2023 04:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33087

Actions (login required)

View Item
View Item