Pola Asuh Anak Down Syndrome Di Yayasan Sahabat Difabel Aceh

Muhammad Al Fakhri, 190405024 (2023) Pola Asuh Anak Down Syndrome Di Yayasan Sahabat Difabel Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Pola Asuh Anak Down Syndrome Di Yayasan Sahabat Difabel Aceh] Text (Pola Asuh Anak Down Syndrome Di Yayasan Sahabat Difabel Aceh)
Muhammad Al Fakhri, 190405024, FDK, KESOS, 081264057469.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Yayasan Sahabat Difabel Aceh merupakan lembaga pelayanan anak Disabilitas seperti Anak Down Syndrome. Dikarenakan Anak Down Syndrome merupakan bentuk kelainan kromosom genetik 21 yang menyebabkan keterlambatan perkembangan dan intelektual. Hal ini mempengaruhi fungsi otak dan keterlambatan perkembangan dan memiliki penampilan wajah yang khas. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola asuh yang diterapkan oleh Yayasan Sahabat Difabel Aceh kepada Anak Down Syndrome, serta dukungan dan hambatan dalam memberikan pengasuhan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diketahui bahwa pola Asuh yang Yayasan Sahabat Difabel Aceh terapkan kepada Anak Down Syndrome yaitu pola asuh demokratis dan pemberian terapi okupasi. Adapun dukungan dan hambatan dalam penelitian yang ditemukan di Yayasan Sahabat Difabel Aceh, dukungannya adalah Yayasan masih mendapat bantuan atau sumbangan dari donatur tidak tetap, dan dana dari program terapi, serta Yayasan juga mendapatkan bantuan oleh pihak Dinas Sosial Aceh. dan dari segi hambatan fasilitas yang kurang memadai, dan kurangnya tenaga pengasuh/terapis sehingga mereka harus melakukan peran ganda.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Muhammad Al Fakhri
Date Deposited: 03 Oct 2023 03:06
Last Modified: 03 Oct 2023 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33103

Actions (login required)

View Item
View Item