Pengaruh Penggunaan APE Balok Multifungsi Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak 4-5 Tahun di TK Bungong Keumala Aceh Besar

Rusmawan, 180210117 (2023) Pengaruh Penggunaan APE Balok Multifungsi Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak 4-5 Tahun di TK Bungong Keumala Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Penggunaan APE Balok Multifungsi Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak 4-5 Tahun di TK Bungong Keumala Aceh Besar] Text (Pengaruh Penggunaan APE Balok Multifungsi Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak 4-5 Tahun di TK Bungong Keumala Aceh Besar)
Rusmawan, 180210117, FTK, PIAUD, 083895918934.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan mengenai perkembangan motorik halus pada anak usia 4-5 Tahun di TK Bungong Keumala Aceh Besar adalah ini diakibatkan karena APE yang digunakan kurang memadai untuk melatih perkembangan motorik halus anak oleh karena itu membuat proses pembelajaran menjadi tidak optimal dan membosankan bagi anak sehingga membuat anak tidak tertarik dan kurang bersemangat dengan APE yang digunakan, dikarenakan kegiatan yang digunakan menggunakan APE yang berulang- ulang seperti Pazzle, Lego, dan seminggu sekali baru digunakan kegiatan mewarnai. Oleh karena itu peneliti tetarik untuk menggunakan APE balok multifungsi yang merupakan alat permainan yang berbentuk balok dan memiliki lima sisi yang bisa dimainkan oleh anak, Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan APE balok multifungsi terhadap perkembangan motorik halus anak 4-5 Tahun di TK Bungong Keumala Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dan jenis penelitian pre-eksperimen dengan rancangan pretest posttest. Dengan teknik total sampling kelas A yang berjumlah 16 anak. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan dokumentasi. Adapun hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah pengujian hipotesis yaitu nilai thitung= 9,28 sedangkan nilai ttabel =1,753 berarti thitung>ttabel yaitu 9,28 > 1,753 dengan demikian sesuai dengan kriteria pengujian maka Ha diterima dan Ho ditolak. Apabila Ha diterima maka penggunaan APE balok multifungsi berpengaruh terhadap perkembangan motorik halus anak 4-5 tahun di TK Bungong Keumala Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 375 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Rusmawan Mawan
Date Deposited: 02 Oct 2023 02:58
Last Modified: 02 Oct 2023 02:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33108

Actions (login required)

View Item
View Item