Ikrâh Pada Transaksi Jual Beli Untuk Fasilitas Publik Dalam Perspektif Akad Bai’ (Studi Tentang Penetapan Nilai Ganti Rugi Pada Pembebasan Lahan Pembangunan Tol Kecamatan Indrapuri)

Aminul Haqqi, 190102130 (2023) Ikrâh Pada Transaksi Jual Beli Untuk Fasilitas Publik Dalam Perspektif Akad Bai’ (Studi Tentang Penetapan Nilai Ganti Rugi Pada Pembebasan Lahan Pembangunan Tol Kecamatan Indrapuri). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Ikrâh Pada  Transaksi Jual Beli Untuk Fasilitas Publik Dalam       Perspektif  Akad   Bai’  (Studi  Tentang Penetapa Nilai Ganti Rugi Pada Pembebasan Lahan Pembangunan Tol Kecamatan Indrapuri Indrapuri)] Text (Ikrâh Pada Transaksi Jual Beli Untuk Fasilitas Publik Dalam Perspektif Akad Bai’ (Studi Tentang Penetapa Nilai Ganti Rugi Pada Pembebasan Lahan Pembangunan Tol Kecamatan Indrapuri Indrapuri))
SKRIPSI AMINUL HAQQI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Kerelaan para pihak memiliki peran penting dalam pelaksanaan akad bai', Perwujudan kerelaan dapat dilakukan pada negosiasi dan sighat akad, ikrah pada akad bai’ dapat menimbulkan konsekuensi hukum yang berimplikasi pada fasid bahkan batal akad, namun peneliti menemukan bahwa di kecamatan Indrapuri terdapat bentuk penolakan terhadap penetapan nilai ganti rugi pada lembaga yang memerlukan tanah, penolakan tersebut timbul dikarenakan adanya bentuk ancaman yang diterima oleh pemilik tanah untuk menyetujui pembebasan lahan. Adapun rumusan masalah penelitian yaitu mengapa terdapat unsur ikrâh dalam transaksi jual beli lahan, bagaimana upaya yang dilakukan para pihak untuk menghilangkan unsur Ikrâh pada transaksi jual beli dan bagaimana perspektif akad jual beli (bai’) terhadap transaksi pembebasan lahan secara paksa untuk pembangunan jalan tol di kecamatan Indrapuri. Jenis penelitian yang digunakan yaitu library research dan field research dengan pendekatan sosiologis yuridis atau penghimpunan informasi hukum secara empiris dengan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian pada pembebasan lahan pembangunan jalan tol wilayah indrapuri ditemukan adanya unsur ikrâh pada akad jual beli. Masyarakat tidak mendapatkan informasi lengkap tentang proses pembayaran dan penetapan harga lahan terhadap pembebasan lahan maupun propertimya. Aparatur gampong indrapuri dan instansi terkait telah berupaya menjembatani kepentingan masyarakat pemilik lahan, untuk memperoleh akses dalam menyampaikan aspirasi terhadap kenaikan nilai ganti rugi yang diinginkan, namun upaya tersebut tidak berhasil. Masyarakat terpaksa (Mukrah ‘alaihi) setuju terhadap ketentuan yang telah ditetapkan oleh lembaga pembebasan lahan. Kesimpulan penelitian yaitu transaksi jual beli yang dilakukan tidak sah pada konsep fiqh muamalah hilangnya kerelaan pada transaksi jual beli.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.21 Jual Beli (Murabahah)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Aminul Haqqi Aminul
Date Deposited: 06 Oct 2023 02:56
Last Modified: 06 Oct 2023 02:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33112

Actions (login required)

View Item
View Item