Peran Teungku Imum dalam Meningkatkan Pemahaman Membaca Al-Qur’an para pemuda Gampong Kepala Bandar Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya

Iffan.R, 190303040 (2023) Peran Teungku Imum dalam Meningkatkan Pemahaman Membaca Al-Qur’an para pemuda Gampong Kepala Bandar Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran , Teungku Imum, kemampuan membaca Al-Qur’an, Pemuda.] Text (Peran , Teungku Imum, kemampuan membaca Al-Qur’an, Pemuda.)
Iffan.R, 190303040, FUF, IAT.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Teungku Imum merupakan orang yang terpercaya di dalam Gampong dan juga bisa dikatakan orang tertua yang memberikan bantuan dan bimbingan dalam urusan agama secara terus menerus kepada masyarakat apalagi kepada pemuda. Oleh karena itu, penelitian ini untuk mengetahui kualitas bacaan Al-Qur’an pemuda Gampong Kepala Bandar dan juga bertujuan untuk mengetahui usaha Teungku Imum dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pemuda. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan secara umum pemuda Gampong Kepala Bandar sudah mampu membaca Al-Qur’an juga memiliki pemahaman tajwid dengan baik dan benar namun masih terdapat pemuda kurang dalam hal membaca dan memahami tajwid. peran Teungku Imum Gampong Kepala Bandar memiliki peran yang signifikan dalam meningkatkan kualitas bacaan, pemahaman bacaan, karakter, moralitas, dan melestarikan tradisi membaca Al-Qur’an di kalangan pemuda.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Iffan.R Iffan
Date Deposited: 02 Oct 2023 03:35
Last Modified: 02 Oct 2023 03:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33125

Actions (login required)

View Item
View Item