Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (Stad)

Balkisa Aristia, 160205133 (2023) Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (Stad). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Student Team Achievement  Division (Stad)] Text (Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (Stad))
Balkisa Aristia, 160205133, FTK, PMA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Permasalahan yang sering terjadi masih banyak siswa yang menganggap pembelajaran tidak penting. Masih banyak siswa merasa tidak tertarik untuk mengikuti pembelajaran matematika. Matematika dianggap sebagai mata pelajaran yang rumit dan membosankan, sehingga menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Sehingga diperlukan suatu model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) yang merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang menekankan interaksi diantara siswa untuk saling memotivasi dan saling membantu dalam menguasai materi dan mencapai prestasi secara maksimal.. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasi eksperimen dengan desain control group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTsN 4 Bireuen. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sample random sampling yang sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 27 siswa dan kelas VII-4 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 27 siswa. Pengumpulan data menggunakan lembar tes yang berbentuk essay. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah uji t, berdasarkan uji t diperoleh nilai t_hitung=2,09 dengan dk = 52. Pada taraf signifikan α=0,05 dan derajat kebebasan 52 dari tabel distribusi t diperoleh〖 t〗_((0,95)(52))=1,67. Karena t_hitung>t_tabel yaitu 2,09>1,67 dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model Student Team Achievement Division (STAD)lebih baik dari pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Balkisa Aristia
Date Deposited: 02 Oct 2023 03:25
Last Modified: 02 Oct 2023 03:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33132

Actions (login required)

View Item
View Item