Penerapan Model Example Non Example dengan Media Gambar untuk Meningkatkan Menulis Kembali Isi Cerita pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VI SD Negeri 6 Tapaktuan

Ranti Fidia Arma, 180209064 (2023) Penerapan Model Example Non Example dengan Media Gambar untuk Meningkatkan Menulis Kembali Isi Cerita pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VI SD Negeri 6 Tapaktuan. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Model Example Non Example Dengan Media Gambar, Menulis Kembali Isi Cerita, Pembelajaran Bahasa Indonesia.] Text (Model Example Non Example Dengan Media Gambar, Menulis Kembali Isi Cerita, Pembelajaran Bahasa Indonesia.)
Ranti Fidia Arma, 180209064, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Melalui model example non example dengan media gambar diharapkan siswa dapat belajar aktif dan tidak hanya menerima dari apa yang disampaikan oleh guru. Tetapi juga diharapkan siswa mampu melakukan penganalisis terhadap suatu gambar sehingga dari informasi gambar yang didapat siswa juga mampu menuliskan kembali isi cerita. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis aktivitas guru dalam penerapan model example non example, untuk menganalisis aktivitas siswa dalam penerapan model example non example, dan untuk menganalisis peningkatan menulis cerita pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 6 Tapaktuan yang berjumlah sebanyak 15 siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK), data yang dikumpulkan melalui (1) Lembar observasi aktivitas guru, (2) Lembar observasi aktivitas siswa, dan (3) Lembar observasi kemampuan menulis kembali isi cerita. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil analisis data penelitian didapatkan bahwa (1) Aktivitas guru pada siklus I memperoleh skor persentase 71,59% berada pada kategori baik, kemudian meningkat pada siklus II dengan skor persentase 85,22% berada pada kategori baik sekali. (2) Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor persentase 59,09% dengan kategori cukup, kemudian meningkat pada siklus II dengan skor persentase 89,77% dengan kategori baik sekali dan (3) Peningkatan menulis kembali isi cerita pada siklus I memperoleh skor persentase 64,66% dengan kategori cukup. Kemudian meningkat pada siklus II dengan skor persentase 90,00% dengan kategori baik sekali.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ranti Fidia Arma Ranti
Date Deposited: 02 Oct 2023 03:32
Last Modified: 02 Oct 2023 03:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33137

Actions (login required)

View Item
View Item