Strategi Pemasaran UD. Gayo Lues Coffee dalam Mempromosikan Kopi Pantan

Rahmad Ali, 160401007 (2022) Strategi Pemasaran UD. Gayo Lues Coffee dalam Mempromosikan Kopi Pantan. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Strategi pemasaran, promosi, kopi Pantan.] Text (Strategi pemasaran, promosi, kopi Pantan.)
Rahmad Ali, 160401007, FDK, KPI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Strategi Pemasaran UD. Gayo Lues Coffee dalam Mempromosikan Kopi Pantan. Peluang usaha kopi Gayo dimanfaat oleh UD Gayo Lues Coffee untuk memasarkan kopi Gayo baik secara lokal maupun global. UD Gayo Lues Coffee setiap bulan mengekspor 20 ton biji kopi ke Cina dan beberapa negara Eropa. Berbagai strategi pemasaran dilakukan oleh UD Gayo Lues Coffee untuk mempromosikan kopi Gayo khususnya kopi yang berasal dari daerah Pantan yang sangat terkenal kualitasnya. Strategi yang digunakan sangat beragam macamnya sehingga mampu menarik konsumen untuk membeli kopi Pantan yang di tawarkan oleh UD Gayo Lues Coffee. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang digunakan UD Gayo Lues Coffee dalam mempromosikan Kopi Pantan dan untuk mengetahui stretegi yang digunakan UD. Gayo Lues Coffee dalam mempromosikan Kopi Pantan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif analisis. Informan dalam penelitian ini sebanyak 4 orang yaitu pemilik, pengelola dan 2 orang karyawan. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif model analisis interaktif Miles & Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi komunikasi pemasaran yang digunakan UD. Gayo Lues Coffee yaitu strategi persuasif, merangkul, power and pressure, dan purchasing. Stretagi komunikasi tersebut dilakukan melalui komunikasi pemasaran yaitu untuk menyampaikan pesan-pesan yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan dari produk UD. Gayo Lues Coffee dengan tetep mengedepankan prinsip-prinsip syariah. (2) Dalam melakukan promosi UD. Gayo Lues Coffee memanfaatkan media internet dan media-media komunikasi lainnya seperti WhatsApp, Instagram dan website dengan tetep mengedepankan prinsip-prinsip syariah yang memanfaatkan media baru yang disebut promosi interaktif yaitu adanya bentuk komunikasi one-to-one, many-to-many, ataupun word of mouth. Dapat dikatakan media baru yang digunakan UD. Gayo Lues Coffee bukan sebagai pengganti dari media konvensional yang telah ada sebelumnya, namun lebih sebagai komplementer.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Rahmad Ali Ali
Date Deposited: 02 Oct 2023 03:38
Last Modified: 02 Oct 2023 03:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33140

Actions (login required)

View Item
View Item