Bantuan Modal Usaha Dinas Pertanian Dalam Peningkatan Ekonomi Masyarakat Petani Jahe (Studi Kasus Di Kecamatan Putri Betung Kabupaten Gayo Lues)

Lahad Adri, 180404052 (2023) Bantuan Modal Usaha Dinas Pertanian Dalam Peningkatan Ekonomi Masyarakat Petani Jahe (Studi Kasus Di Kecamatan Putri Betung Kabupaten Gayo Lues). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Bantuan Modal Usaha Dinas Pertanian Dalam Peningkatan Ekonomi Masyarakat Petani Jahe (Studi Kasus Di Kecamatan Putri Betung Kabupaten Gayo Lues)] Text (Bantuan Modal Usaha Dinas Pertanian Dalam Peningkatan Ekonomi Masyarakat Petani Jahe (Studi Kasus Di Kecamatan Putri Betung Kabupaten Gayo Lues))
Lahad Adri, 180404052, FDK, PMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Modal usaha adalah uang yang dipakai sebagai pokok (induk) untuk berdagang, melepas uang, dan sebagainya; harta benda (uang, barang, dan sebagainya) yang dapat dipergunakan untuk menghasilkan sesuatu yang menambah kekayaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana kondisi ekonomi masyarakat setelah (dinas pertanian) memberikan modal usaha bibit jahe kepada masyarakat Putri Betung dan untuk menguji Bagaimana hasil petani jahe di kecamatan Putri Betung dalam memanfaatan modal usaha dari dinas pertanian untuk meningkatan ekonomi masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah mewawancari secara langsung dengan 18 jumlah responden dari beberapa desa di kecamatan putri betung. Hasil penelitian menyatakan masyarakat merasa terbantu karena tanaman jahe sangat cocok di kebun milik masyarakat dan juga harga pasaran tanaman jahe cukup tinggi sehinnga kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi baik secara pinansial maupun kebutuhan lainya(rumusan masalah 1). Namun sayangnya masih terdapat masyaraka (petani jahe) tidak fokus dalam membudidayakan tanaman jahe ini sehingga hasilnya tidak bagus, hal ini dikarenakan sebahagian bibit yang diterima belum layak ditanam karena belum cukup umur untuk menjadi benih yang bagus (Rumusan masalh 2).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Lahad Adri
Date Deposited: 03 Oct 2023 02:40
Last Modified: 03 Oct 2023 02:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33151

Actions (login required)

View Item
View Item