Hubungan Kemampuan Berhitung dengan Kemampuan Mengerjakan Soal-Soal Gelombang Berjalan di SMA Negeri 1 Peukan Bada

Meriani Lahagu, 160204100 (2023) Hubungan Kemampuan Berhitung dengan Kemampuan Mengerjakan Soal-Soal Gelombang Berjalan di SMA Negeri 1 Peukan Bada. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Hubungan  Kemampuan Berhitung dengan Kemampuan Mengerjakan Soal-Soal Gelombang Berjalan  di SMA Negeri 1 Peukan Bada] Text (Hubungan Kemampuan Berhitung dengan Kemampuan Mengerjakan Soal-Soal Gelombang Berjalan di SMA Negeri 1 Peukan Bada)
skripsi meri.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (761kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Peukan Bada dengan judul “Hubungan Kemampuan Berhitung dengan Kemampuan Mengerjakan Soal-Soal Gelombang Berjalan di SMA Negeri 1 Peukan Bada” .Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kemampuan berhitung dengan kemampuan menyelesaikan soal-soal gelombang berjalan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Pelaksanaan metode ini mengikuti langkah-langkah kerja seperti menyusun instrumen penelitian, mengumpulkan data, menganalisis data sehingga mendapat sebuah kesimpulan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 Peukan Bada jumlah peserta didik 113 Orang. Sampel dalam penelitian ini adalah berjumlah 21 orang. Analisis data yang digunakan analisis korelasi product moment dengan analisis prasyarat yang meliputi uji normalitas. Variabel X (kemampuan berhitung) terhadap variabel Y (kemampuan menyelesaikan soal-soal). Berdasarkan tujuan penelitian, dapat disimpulkandari analisis data dan pembahasan hasil penelitian tentang hubungan antara kemampuan berhitung dengan kemampuan menyelesaikan soal-soal materi gelombang berjalan adalah r_xy= 0,18 dan diperoleh t_hitung^ = 0,798 sedangkan t_tabel = 18,525 taraf signifikan 0,05 adalah sebesar 2,05. Terlihat adanya hubungan antara kemampuan berhitung dengan kemampuan menyelesaikan soal-soal fisika pada materi gelombang berjalan perserta didik kelas XI IPA2 di SMA Negeri 1 Peukan Bada semester genap tahun ajaran 2022.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Meriani Lahagu Meri
Date Deposited: 11 Oct 2023 02:18
Last Modified: 11 Oct 2023 02:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33153

Actions (login required)

View Item
View Item