Kegiatan Lembaga Filantropi dan Dampaknya Terhadap Pengentasan Kemiskinan di Aceh Pada Masa Covid -19

Mulyati, 191008029 (2023) Kegiatan Lembaga Filantropi dan Dampaknya Terhadap Pengentasan Kemiskinan di Aceh Pada Masa Covid -19. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Kegiatan Lembaga Filantropi dan Dampaknya Terhadap Pengentasan Kemiskinan di Aceh Pada Masa Covid -19] Text (Kegiatan Lembaga Filantropi dan Dampaknya Terhadap Pengentasan Kemiskinan di Aceh Pada Masa Covid -19)
FULL TESIS (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Bencana pandemi Corona Virus (Covid-19) yang berdampak pada penurunan aktivitas ekonomi dalam sektor kehidupan masyarakat di Aceh, terutama pada bidang kesehatan dan ekonomi yang disebabkan adanya pemberlakukan kebijakan baru untuk mencegah penyebaran Covid-19 ini, Dengan adanya kebijakan tersebut, kegiatan ekonomi tidak berjalan sebagaimana mestinya dan masyarakat tidak dapat bekerja seperti biasanya sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. hal tersebut menyebabkan masyarakat mengalami penurunan pendapatan hingga pemutusan hubungan kerja (PHK). Secara tidak langsung hal ini berimbas pada meningkatnya jumlah angka kemiskinan di Aceh. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk memahami Kegiatan pengentasan kemiskinan masa covid 19 yang dilaksanakan oleh Lembaga filantropi di Aceh. (2) Untuk memahami dampak program kegiatan lembaga filantropi terhadap pengetasan kemiskinan masa covid-19 di Aceh. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif secara deskriptif.. Penelitian ini bersumber dari data yang diperoleh langsung dari responden, melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kegiatan pengentasan kemiskinan yang dilaksanakan oleh lembaga filantropi di Aceh pada masa covid -19 adalah dengan memberikan penyaluran dana program yang dibuat seperti modal usaha, pelatihan, beasiswa serta penerimaan zakat. (2) Adapun dampak program kegiatan lembaga filantropi terhadap pengetasan kemiskinan di Aceh pada masa covid -19, lembaga filantropi ini sudah sangat membantu dalam upaya mensejahterakan masyarakat dengan beberapa bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan dan layak untuk mendapatkan bantuan. dengan pengelolaan ZIS yang baik dan dapat dipercaya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi > 2X6.32 Ekonomi Keuangan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 362 Masalah dan pelayanan kesejahteraan sosial > 362.5 Masalah Pelayanan bagi orang Miskin
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Ekonomi Syariah
Depositing User: Mulyati Tati
Date Deposited: 02 Oct 2023 04:05
Last Modified: 02 Oct 2023 04:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33157

Actions (login required)

View Item
View Item