Penerapan Pendekatan Environmental Learning pada Tema Sehat Itu Penting untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 11 Banda Aceh

Nova Dayanti, 201325210 (2018) Penerapan Pendekatan Environmental Learning pada Tema Sehat Itu Penting untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 11 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang  Penerapan Pendekatan Environmental Learning]
Preview
Text (Membahas tentang Penerapan Pendekatan Environmental Learning)
Nova Dayanti.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (613kB) | Preview

Abstract

Keberhasilan belajar siswa salah satunya dipengaruhi oleh pendekatan yang digunakan guru dalam proses pembelajaran. Pendekatan yang inovatif perlu dikembangkan untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi di sekolah, menunjukkan bahwa guru terlihat lebih aktif dalam proses pembelajaran sedangkan siswa terlihat lebih pasif. Hal tersebut disebabkan karena keterbatasan guru dalam memilih pendekatan yang sesuai dengan materi yang diajarkan, sehingga membuat siswa bosan dalam pembelajaran. Selain itu, guru juga kurang memanfaatkan lingkungan dalam pembelajaran padahal banyak materi yang sesuai. Dari permasalahan di atas peneliti ingin melakukan upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan suatu pendekatan inovatif yaitu pendekatan environmental learning. Pendekatan environmental learning merupakan pendekatan yang dikembangkan agar siswa memperoleh pengalaman langsung yang berkaitan dengan lingkungan sekitar, sehingga siswa dapat dengan mudah memahami isi materi yang disampaikan. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui aktivitas guru, (2) Untuk mengethui aktivitas siswa, (3) Untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan environmental learning pada tema sehat itu penting di kelas V MIN 11 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelasV MIN 11 Banda Aceh yang berjumlah 39 siswa. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan: (1) Lembar observasi (2) soal pre tes dan post tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas guru pada siklus I yaitu 76,67% dalam katagori baik, sedangkan pada siklus II yaitu 95,2% dalam katagori baik sekali. Aktivitas siswa pada siklus I yaitu 77,89% dalam katagori baik, pada siklus II menjadi 95% dengan katagori baik sekali. Sedangkan untuk hasil belajar siswa, pada siklus I memperoleh nilai 66,67%, pada siklus II meningkat menjadi 87,18%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan environmental learning pada tema 4 sehat itu penting dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelasVMIN 11 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Drs. Nurdin Manyak, M.Ag 2.Daniah S. Si, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Environmental Learning, Hasil Belajar, Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nova Dayanti
Date Deposited: 05 Apr 2018 03:16
Last Modified: 05 Apr 2018 03:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3316

Actions (login required)

View Item
View Item