Dampak Pelaksanaan Zikir Terhadap Kecemasan Santriwati (Studi Pada Pasantren Tarbiyah Auladil Muslimin Desa Cingkam Mekhanggun Kecamatan Lawe Alas Kabupaten Aceh Tenggara)

Windi Rahmadana, 180402118 (2023) Dampak Pelaksanaan Zikir Terhadap Kecemasan Santriwati (Studi Pada Pasantren Tarbiyah Auladil Muslimin Desa Cingkam Mekhanggun Kecamatan Lawe Alas Kabupaten Aceh Tenggara). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Dampak Pelaksanaan Zikir Terhadap Kecemasan Santriwati (Studi Pada Pasantren Tarbiyah Auladil Muslimin Desa Cingkam Mekhanggun Kecamatan Lawe Alas Kabupaten Aceh Tenggara)] Text (Dampak Pelaksanaan Zikir Terhadap Kecemasan Santriwati (Studi Pada Pasantren Tarbiyah Auladil Muslimin Desa Cingkam Mekhanggun Kecamatan Lawe Alas Kabupaten Aceh Tenggara))
Skripsi Windi Rahmadana Perpustakaan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Santriwati pondok Pesantren Tarbiyah Auladil Muslimin sering mengalami kecemasan yang disebabkan oleh beberapa faktor yaitu seperti ketidak siapan saat akan melaksanakan ujian akhir, dari kecemasan tersebut mengakibatkan santriwati tidak bisa menyelesaikan soal-soal ujian dengan baik, kecemasan ini dapat ditangani dengan beberapa cara, salah satunya dengan pelaksanaan zikir. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor kecemasan santriwati di pondok Pesantren Tarbiyah Auladil Muslimin, mengetahui bentuk-bentuk pelaksanaan zikir serta mengetahui bagaimana perasaan cemas santriwati setiap setelah pelaksanaan zikir di pondok Pesantren Tarbiyah Auladil Muslimin Desa Cingkam Mekhanggun Kecamatan Lawe Alas Kabupaten Aceh Tenggara. Metode kualitatif deskriktif digunakan untuk memperoleh informasi dari santriwati di pondok pasantren Tarbiyah Auladil Muslimin dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya dampak positif karena dapat mengurangi kecemasan santriwati yang mana terdapat empat faktor kecemasan yaitu kecemasan pembelajaran, ekonomi dan lingkungan. Dengan menggunkan bentuk zikir lisan dapat diketahui perasan santriwati setiap setelah pelaksanaan zikir yaitu menjadi pribadi yang lebih tenang dan positif sehingga kecemasan yang dirasakan berkurang.

Kata Kunci: Pelaksanaan Zikir, Kecemasan, Santriwati

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 203 Ibadah Umum dan Praktik lainnya
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Windi Rahmadana Windi
Date Deposited: 03 Oct 2023 02:15
Last Modified: 03 Oct 2023 02:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33160

Actions (login required)

View Item
View Item