Analisis Vegetasi Pohon di Wilayah Restorasi Soraya Kawasan Ekosistem Leuser

Afdalul Munir, 170703074 (2023) Analisis Vegetasi Pohon di Wilayah Restorasi Soraya Kawasan Ekosistem Leuser. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Vegetasi Pohon di Wilayah Restorasi Soraya    Kawasan Ekosistem Leuser] Text (Analisis Vegetasi Pohon di Wilayah Restorasi Soraya Kawasan Ekosistem Leuser)
SKRIPSI AFDALUL (Sempurna) 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Restorasi Soraya sebelumnya merupakan lahan bekas perkebunan masyarakat yang telah diganti rugi oleh pihak (FKL) untuk upaya pemulihan hutan lindung salah satunya adalah melakukan upaya pemulihan ekosistem vegetasi dari beberapa sumber, Pohon merupakan salah satu bagian penting bagi kehidupan satwa liar penelitian ini bertujuan untuk melihat tingkat keanekaragaman, tingkat dominansi, indeks nilai penting dan jenis pohon di Wilayah Restorasi Soraya. Penelitian ini dilakukan mengunakan metode line transect yang memiliki 5 plot dengan ukuran line transect 100m di setiap stasiun. Analisis data menggunakan 3 rumus yaitu rumus keanekaragaman, indeks nilai penting, dan rumus dominansi, Hasil penelitian menunjukan bahwa jenis pohon yang terdapat di Wilayah Restorasi Soraya Kawasan Ekosistem Leuser berjumlah 28 jenis pohon dari 21 family dengan indeks nilai penting pohon adalah Macaranga tanarius (tampu) dengan nilai 133,18. Jenis pohon yang lebih dominan adalah pohon tampu (Macaranga tanarius) sebesar 14,89 dan gala-gala atau bumbung (Ficus padana) sebesar 12,39, dengan tingkat keanekaragaman kategori sedang (Ĥ = 2,09).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 577 Ekologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Biologi
Depositing User: Afdalul Munir Munir
Date Deposited: 03 Oct 2023 02:50
Last Modified: 03 Oct 2023 02:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33170

Actions (login required)

View Item
View Item