Estimasi Telur Nyamuk Aedes Albopictus Yang Diberi Pakan Darah Mamalia Dan Aves Sebagai Penunjang Praktikum Entomologi

Rizha Purwanda, 160207062 (2023) Estimasi Telur Nyamuk Aedes Albopictus Yang Diberi Pakan Darah Mamalia Dan Aves Sebagai Penunjang Praktikum Entomologi. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Estimasi Telur Nyamuk Aedes Albopictus Yang Diberi Pakan Darah Mamalia Dan Aves Sebagai Penunjang Praktikum Entomologi] Text (Estimasi Telur Nyamuk Aedes Albopictus Yang Diberi Pakan Darah Mamalia Dan Aves Sebagai Penunjang Praktikum Entomologi)
Rizha Purwanda, 160207062, FTK, PBL, 082376664682.pdf - Updated Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Nyamuk Aedes albopictus merupakan salah satu spesies dari filum insecta yang termasuk kedalam ordo diptera, biasanya dianggap sebagai salah satu vektor penyakit DBD yang mengganggu kesehatan manusia. Diketahui bahwa praktikum yang berkaitan dengan pakan nyamuk Aedes albopictus dan lama siklus gonotropik masih terbatas dan menyebabkan kurangnya referensi. Penelitian ini bertujuan untuk; Untuk menghitung lama siklus gonotropik, untuk menghitung jumlah telur pada nyamuk Aedes albopictus yang diberi pakan darah mamalia dan aves sebagai penunjang praktikum Entomologi dan untuk menganalisis hasil uji kelayakan produk penelitian sebegai sumber referensi estimasi Aedes albopictus yang diberi pakan darah mamalia dan aves sebagai penunjang praktikum Entomologi. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode penelitian statistik deskriptif dan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan pakan darah dari 2 hewan yaitu, Aves (Columba livia domestica) dan Mamalia (Oryctolagus cuniculus). Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Pendidikan Biologi UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Hasil uji kelayakan materi dari modul praktikum sebagai output penelitian ini didapatkan nilai 64% dengan kategori layak. Hasil uji kelayakan media didapatkan nilai 75% dengan kategori layak. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu waktu yang dibutuhkan oleh nyamuk Aedes albopictus beriksar antara 3-6 hari, kandang nyamuk yang paling banyak menghasilkan telur adalah kandang M1 dengan jumlah 38 butir telur.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 590 Animals (Ilmu Hewan, Ilmu Binatang)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Rizha Purwanda Rizha
Date Deposited: 03 Oct 2023 02:43
Last Modified: 03 Oct 2023 02:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33175

Actions (login required)

View Item
View Item