Urgensi Bimbingan Konseling Islam Dalam Mengatasi Kecanduan Game Online Pada Anak (Studi Di Desa Kualapling Kecamatan Bubon Kabupaten Aceh Barat)

Masri, 160402060 (2023) Urgensi Bimbingan Konseling Islam Dalam Mengatasi Kecanduan Game Online Pada Anak (Studi Di Desa Kualapling Kecamatan Bubon Kabupaten Aceh Barat). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Urgensi Bimbingan Konseling Islam Dalam Mengatasi Kecanduan Game Online Pada Anak (Studi Di Desa Kualapling Kecamatan Bubon Kabupaten Aceh Barat)] Text (Urgensi Bimbingan Konseling Islam Dalam Mengatasi Kecanduan Game Online Pada Anak (Studi Di Desa Kualapling Kecamatan Bubon Kabupaten Aceh Barat))
Masri, 160402060, FDK, BKI.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Kecanduan game online (Internet Gaming Disorder) termasuk penggunaan teknologi yang tidak terkontrol dan merugikan, sehingga di kategorikan sebagai salah satu jenis gangguan klinis yang membutuhkan penanganan. Konseling adalah suatu kegiatan yang sangat penting dalam kegiatan bimbingan dan konseling di sekolah maupun diluar sekolah, konseling merupakan aktifitas penting dalam merubah pemikiran, sikap dan prilaku individu. Maka dari itu bimbingan dan konseling Islam sangat diperlukan oleh siswa di sekolah, karena dengan adanya bimbingan dan konseling siswa dapat mengembangkan semua potensi yang di milikinya. Berdasarkan latar belakang masalah dan fokus penelitian di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indikator kecanduan game online pada anak.Untuk mengetahui dampak yang terjadi bagi anak kencaduan game online dari sisi positif dan negatif. Untuk megetahui urgensi bimbingan konseling Islam dalam mengatasi anak kecanduan game online. Skripsi ini merupakan kajian lapangan yang bersifat kualitatif. Teknik Pengumpulan Data terdiri dari observasi dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan dalam penulisan karya ilmiah ini adalah analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa Indikator kecanduan game online pada anak terdiri dari 6 indikator, yang terdiri dari: Keinginan yang kuat dari dalam diri anak untuk mencoba-coba bermain game online. Lamanya waktu untuk bermain game online Bisa tidaknya untuk meninggalkan permainan game dalam waktu sehari Tempat untuk bermain game online, Memiliki banyak teman padasaat bermain game online, Ada tidaknya Ajakan teman-teman untuk bermain game online. Kesemua indikator tersebut dapat dijadikan acuan terhadap kecanduan game online anak di Desa Kuala Pling, Kecamatan Bubon, Kabupaten Aceh Barat. Dampak yang terjadi bagi anak kencaduan game online dari sisi positif dan negatif diatara lain anak sulit untuk mengerjakan kewajiban yang telah dibebankan kepadanya, kurang mematuhi perintah kedua orang tua, memperoleh informasi dari luar tanpa diketahui oleh kdua orang tua, sering meningkatkan keajiban sholat. Adapundampak positif anak-anak memperoleh teman yang luas di dunia maya dapat mengikuti turnamen game online di dunia maya. Urgensi bimbingan konseling Islam dalam mengatasi anak kecanduan game online sangat dibutuhkan dengan cara metode yang bersumber dari Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah SAW seperti keteladanan Rasulullah SAW yaitu: conditioning, tazkiyatun nufus (penyucian jiwa) dan tazkiyatun nuqud (penyucian pendapatan/ibadah sosial), oleh karena anak-anak yang sudah kecanduan game online jiwa dan rasa ketentraman sudah hilang dkarenakan sudah terdoktrin dan tercuci otaknya dengan berbagai permainan game online tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Masri Masri
Date Deposited: 03 Oct 2023 03:46
Last Modified: 03 Oct 2023 03:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33183

Actions (login required)

View Item
View Item