Pengaruh Practical Life dalam Mengembangkan Karakter Mandiri Anak Usia Dini

Febria Annisa, 160210115 (2023) Pengaruh Practical Life dalam Mengembangkan Karakter Mandiri Anak Usia Dini. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Practical Life dalam Mengembangkan Karakter Mandiri Anak Usia Dini] Text (Pengaruh Practical Life dalam Mengembangkan Karakter Mandiri Anak Usia Dini)
Untitled.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh anak yang usia 4-5 tahun tidak mampu dalam melakukan aktivitas practical life, sehingga tingkat kemandirian anak dalam melakukan kegiatan dasar sesuai usianya dinyatakan masih belum maksimal. Kegiatan practical life atau praktek kehidupan sehari-hari yang digunakan untuk mempersiapkan anak menjadi mandiri, memahami lingkungan sekitar dengan baik, percaya diri, bertanggung jawab dan tidak bergantung kepada orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh practical life dalam mengembangkan karakter mandiri anak usia dini. Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif dengan metode eksperimen. Model eksperimennya yaitu one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini berjumah 25 anak yang berusia 4-5 tahun, kelas TK A1 10 orang anak dan kelas TK A2 sebanyak 15 orang anak. Sample dalam penelitian ini yaitu anak TK A1 sebanyak 10 anak yang berusia 4-5 tahun. Menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi dan instrumen penelitian berupa lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan rumus uji-t guna melihat hasil eksperimen dari satu kelompok sampel. Hasil dari uji-t didapatkan thitung yaitu (8,369) dan ttabel dengan df 9 yaitu 2,262. Maka didapatkan hasil dengan uji-t yaitu: thitung > ttabel atau 8,396 > 2,262, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Yang berarti, berpengaruh practical life dalam mengembangkan karakter mandiri anak usia dini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.7 Kesejahteraan Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Febria Annisa Febria
Date Deposited: 03 Oct 2023 03:44
Last Modified: 03 Oct 2023 03:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33191

Actions (login required)

View Item
View Item