Evaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan dalam Peningkatan Kompetensi Kepala Madrasah di Balai Diklat Keagamaan Provinsi Aceh

Irsalil Siddiq, 190206043 (2023) Evaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan dalam Peningkatan Kompetensi Kepala Madrasah di Balai Diklat Keagamaan Provinsi Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Evaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan dalam Peningkatan Kompetensi Kepala Madrasah di Balai Diklat Keagamaan Provinsi Aceh] Text (Evaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan dalam Peningkatan Kompetensi Kepala Madrasah di Balai Diklat Keagamaan Provinsi Aceh)
Irsalil Siddiq, 190206043, FTK, MPI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Program peningkatan kompetensi kepala madrasah merupakan upaya yang dilakukan oleh Balai Diklat Keagamaan Provinsi Aceh untuk meningkatkan kompetensi kepal madrasah.kompetensi yang harus di miliki oleh kepala madrasah adalah kompetensi kepribadian, kompetensi manajerial, kompetensi kewirausahaan, kompetensi supervis, dan komptensi sosial. Tujuan dari penulisan skripsi ini untuk mengetahui pelaksanaan evaluasi program diklat dalam meningkatkan kompetensi kepala madrasah di Balai Diklat Keagamaan Provinsi Aceh, untuk mengetahui strategi evaluasi program diklat dalam meningkatkan kompetensi kepala madrasah di Balao Diklat Keagamaan Provinsi Aceh, untuk mengetahui hambatan dan solusi dalam pelaksanaan program diklat dalam meningkatkan kompetensi kepala madrasah di Balai Diklat Keagamaan Provinsi aceh. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah kualitatif pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah kepala seksi diklat, dan widyaiswara. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa petama, pelaksanaan evaluasi program diklat dalam meningkatkan kompetensi kepala madrasah dimulai dari, perencanaan program, karakteristik penilaian. Kedua, evaluasi program peningkatan kompetensi kepala madrasah di Balai Diklat Keagamaan Provinsi Aceh sudah dilaksanakan dengan baik, penilai dilakukan oleh kepala seksi diklat secara rutin dalam waktu tertentu. Ketiga, hambatan dalam pelaksanaan evaluasi program diklat dalam meningkatan kompetensi kepala madrasah yaitu kurangnya sarana dan prasana, keterbatasan pegawai dan widyaiswara. Solusi dalam pelaksanaan program diklat tersebut yaitu (1) meningkatkan visi dan misi sehingga peserta yang mengikuti pelatihan dapat meningkatkan kompetensinya. (2) dalam memberikan teori jangan seperti mahasiswa.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Pelatihan, Meningkatkan Kompetensi Madrasah
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Irsalil Siddiq
Date Deposited: 03 Oct 2023 03:39
Last Modified: 03 Oct 2023 03:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33195

Actions (login required)

View Item
View Item