Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Disparitas Pendapatan Regional Di Provinsi Aceh

Riski Oktavriansyah, 180604001 (2023) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Disparitas Pendapatan Regional Di Provinsi Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Disparitas Pendapatan Regional Di Provinsi Aceh] Text (Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Disparitas Pendapatan Regional Di Provinsi Aceh)
Riski Oktavriansyah, 180604001, IE, 982286295814.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Disparitas atau ketimpangan terjadi dikarenakan perbedaan karakteristik pada setiap daerah baik dari pusat pertumbuhan ekonomi, sumber daya manusia, maupun sumber daya modal dan lainnya, hal ini menyebabkan tingkat Disparitas di Provinsi Aceh dalam beberapa tahun terakhir semakin melebar dalam gini rasio semakin meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh PE, IPM dan DAK terhadap Disparitas Pendapatan di Provinsi Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data skunder setiap kabupaten/kota dari tahun 2011-2022. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan pendekatan Fixed Effect Model (FEM). Hasil dari penelitian ini adalah PE tidak berpengaruh terhadap Disparitas Pendapatan, IPM memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Disparitas, DAK tidak berpengaruh terhadap Disparitas Pendapatan Di Provinsi Aceh tahun 2011-2022. Diharapkan kepada pemerintah agar memaksimalkan dan membuat kebijakan yang berkaitan dengan variabel PE, IPM dan DAK agar dapat menanggulangi permasalahan disparitas yang terjadi di Provinsi Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Disparitas Pendapatan, Pertumbuhan Ekonomi, Indeks Pembangunan Manusia, Dana alokasi Khusus
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ilmu Ekonomi
Depositing User: Riski Oktavriansyah
Date Deposited: 03 Oct 2023 03:39
Last Modified: 03 Oct 2023 03:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33202

Actions (login required)

View Item
View Item