Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Mempelajari Materi Pemasangan dan Pemeliharaan Instalasi Listrik Kelas XI di SMK 1 Darul Kamal Aceh Besar

Sidi Candra, 160211052 (2023) Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Mempelajari Materi Pemasangan dan Pemeliharaan Instalasi Listrik Kelas XI di SMK 1 Darul Kamal Aceh Besar. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Kesulitan Belajar, Pemeliharaan instalasi listrik, Pemasangan Instalasi Listrik] Text (Kesulitan Belajar, Pemeliharaan instalasi listrik, Pemasangan Instalasi Listrik)
Sidi Candra, 160211052, FTK, PTE.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Kesulitan belajar dapat diketahui melalui tidak tercapainya KKM yang disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal seperti minat dan motivasi siswa dalam mengikuti mata pelajaran, tingkat intelegensi yang berbeda antar siswa dan faktor lain. Sedangkan faktor eksternal seperti fasilitas-fasilitas yang disediakan, tenaga pendidik yang professional. Penelitian ini bertujuan untuk mengikuti apa saja kesulitan yang dihadapi siswa dan bagaimana solusi untuk mengatasi kesulitan belajar siswa pada materi pemasangan dan pemeliharaan instalasi listrik kelas XI di SMK Negeri 1 Darul Kamal Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Objek yang diteliti sebanyak kelas XI yang berjumlah 21 orang. Instrumen yang digunakan berupa angket, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kesulitan yang teridentfikasi dalam mempelajari materi pemasangan dan pemeliharaan instalasi listrik adalah pada materi menyebutkan perlengkapan Pemasangan dan Pemeliharaan Instalasi Listrik dengan persentase 75% dan komponen-komponen pemasangan listrik dengan nilai 75%. Kemudian di susul oleh fungsi perangkat pemasangan instalasi listrik dengan nilai 65%, membedakan nilai batas ukur fasa yaitu 50%, menentukan ukuran kabel 50%, syarat-syarat pemasangan 35%, pemasangan instalasi listrik 35% dan contoh soal 30%. Adapun faktor pneyebab kesulitan yang dialami yaitu siswa kesulitan memahami contoh soal yang diajukan, memahami syarat-syarat pemasangan instalasi listrik, menentukan ukuran kabel yang akan digunakan untuk suatu instalasi listrik, dan mengenali nilai batas ukur fasa yang lebih besar pada instalasi listrik. Faktor lainnya adalah penggunaan metode pembelajaran yang tidak bervariasi, pengelolaan kelas yang kurang baik, sumber belajar yang terbatas, kurangnya bakat, minat dan motivasi belajar serta didukung pula oleh faktor ekonomi keluarga. Solusi untuk mengatasi kesulitan siswa yaitu siswa harus menguasai mata pelajaran dasar untuk mengatasi hambatan mereka. Guru dituntut untuk mendidik dengan cara yang menarik, inventif, dan kreatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Sidi Candra Candra
Date Deposited: 03 Oct 2023 03:39
Last Modified: 03 Oct 2023 03:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33204

Actions (login required)

View Item
View Item