Analisis Nilai Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Pada Tokoh Nussa Dalam Video Animasi “Nussa”

Qonita Luthfiah, 160210075 (2023) Analisis Nilai Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Pada Tokoh Nussa Dalam Video Animasi “Nussa”. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Analisis Nilai Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Pada Tokoh Nussa Dalam Video Animasi “Nussa”] Text (Analisis Nilai Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Pada Tokoh Nussa Dalam Video Animasi “Nussa”)
Qonita Luthfiah, 160210075, FTK, PIAUD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Karakter bertanggung jawab merupakan sikap dasar utama yang harus ada pada anak usia dini. Bertanggung jawab meliputi membuat keputusan dan siap mempertanggung jawabkan akibat dari keputusan yang dibuatnya. Anak tahu mana batas-batasnya, apa yang menjadi tanggung jawabnya, dan apa yang bukan merupakan tanggung jawabnya. Salah satu medianya untuk memperkenalkan karakter bertanggung jawab yaitu video animasi “Nussa”. Adapun permasalahan dalam penelitian ini yaitu Bagaimana nilai pendidikan karakter tanggung jawab pada tokoh Nussa yang terdapat dalam video animasi “Nussa”? Metode penelitian yang digunakan ialah studi kepustakaan (library research) yang bersifat kualitatif deskriptif dengan pendekatan semiotika yang digunakan ialah Charles Sanders Pierce. Hasil penelitiannya adalah dari 13 indikator tanggung jawab, hanya 6 indikator yang muncul dalam 10 video animasi “Nussa” yaitu bertanggung jawab atas perilakunya untuk kebaikan diri sendiri, mulai menunjukkan sikap berbagi, membantu, bekerja bersama, tahu akan haknya, mulai memahami hak orang lain, mulai menunjukkan ekspresi menyesal ketika melakukan kesalahan, dan menghargai keunggulan orang lain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Qonita Luthfiah Qonita
Date Deposited: 03 Oct 2023 03:45
Last Modified: 03 Oct 2023 03:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33206

Actions (login required)

View Item
View Item