Peran Guru PAI dalam Meningkatkan Minat Baca Al-Qur’an Pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Samadua Kabupaten Aceh Selatan

Rivaldi Zia Ulfajri, 170201177 (2022) Peran Guru PAI dalam Meningkatkan Minat Baca Al-Qur’an Pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Samadua Kabupaten Aceh Selatan. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran Guru PAI dalam Meningkatkan Minat Baca Al-Qur’an Pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Samadua Kabupaten Aceh Selatan] Text (Peran Guru PAI dalam Meningkatkan Minat Baca Al-Qur’an Pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Samadua Kabupaten Aceh Selatan)
Untitled.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Minat merupakan keadaan dimana siswa mempunyai perhatian terhadap sesuatu dan disertai keinginan untuk mengetahui dan mempelajari maupun lebih lanjut. Dalam hal ini minat diperlukan suatu pemutusan perhatian agar apa yang dipelajari dapat dipahami. Sehingga siswa dapat melakukan sesuatu yang sebelumnya tidak dapat dilakukan, dalam hal ini siswa kurang mempunyai minat baca Al-Qur’an siswa kelas VII SMPN 1 Samadua terhadap baca Al-Qur’an. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peran guru PAI dalam meningkatkan minat Baca Al-Qur’an pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Samadua Kabupaten Aceh Selatan. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan dengan teknik observasi, wawancara, dan angket. Adapun hasil penelitian yang peneliti dapatkan ialah: minat baca Al-Qur’an pada siswa Kelas VII SMPN 1 Samadua Kabupaten Aceh Selatan yaitu: cara menumbuhkan minat siswa yaitu memberikan penghargaan/hadiah pada siswa, memberi sanksi bagi siswa yang tiak mau belajar baca Al-Qur'an, dalam menumbuhkan minat baca langkah yang digunakan yaitu mengajak siswa membaca Yasin setiap hari sebelum pembelajaran dimulai. Peran guru PAI dalam meningkatkan minat siswa baca Al-Qur’an kelas VII yaitu membimbing siswa secara pribadi dan menyuruh siswa membaca Al-Qur’an setiap hari 15 menit sebelum masuk jam pelajaran, kegiatan ini rutin dilakukan setiap jam pelajaran PAI guru menggunakan metode dan cara dalam dalam meningkatkan minat siswa baca Al-Qur’an serta mendorong dan memotivasi siswa dengan berbagai cara agar siswa tersebut minatnya semakin tumbuh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rivaldi Zia Ulfajri Rivaldi
Date Deposited: 03 Oct 2023 03:48
Last Modified: 03 Oct 2023 03:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33209

Actions (login required)

View Item
View Item