Pengaruh Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV MIN 14 Aceh Tengah

Desi Ermi, 180209007 (2022) Pengaruh Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV MIN 14 Aceh Tengah. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Model  Pembelajaran   Cooperative  Integrated  Reading   and Composition  (CIRC), Kemampuan Membaca Pemahaman] Text (Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Kemampuan Membaca Pemahaman)
Desi Ermi, 180209007, FTK, PGMI, 082216873375.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Permasalahan yang peneliti temukan pada proses pembelajaran yaitu belum menemukan model pembelajaran yang cocok dan sesuai untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Saat proses pembelajaran guru masih menggunakan model konvensional dengan metode ceramah sehingga menyebabkan tingkat pemahaman membaca siswa sangat rendah dan proses pembelajaran tidak menyenangkan serta terlihat membosankan. Maka dari itu, peneliti tertarik untuk menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) yang dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dengan judul “Pengaruh Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV MIN 14 Aceh Tengah”. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV MIN 14 Aceh Tengah. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pre-eksperimen dengan rancangan penelitian one-group pretest-postest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini berupa instrumen tes pilihan ganda pretest-posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan dari hasil penelitian menunjukkan perbandingan antara hasil pretest-postest yang diberikan kepada siswa kelas IV MIN 14 Aceh Tengah. Nilai rata-rata pretest yang diperoleh sebesar 41.875 dengan kategori sangat rendah 81.25% sedangkan nilai rata-rata postest yang diperoleh yaitu sebesar 88.75 dengan kategori sangat tinggi 68.75%. setelah itu digunakan juga perhitungan dengan menggunakan uji-t. Hasil yang diperoleh dari= 12,984 dan =1.75305 Maka,> atau 12,984 > 1.75305. Dengan demikian model pembelajaran Cooperative Integrated
Reading and Composition (CIRC) dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa di kelas IV MIN 14 Aceh Tengah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Desi Ermi Desi
Date Deposited: 11 Oct 2023 02:27
Last Modified: 11 Oct 2023 02:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33214

Actions (login required)

View Item
View Item