Pengaruh Ketersediaan Koleksi Keacehan Terhadap Pemenuhan Referensi Skripsi Mahasiswa Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Perpustakaan Majelis Adat Aceh (MAA)

Evina Iman Sari, 160503073 (2023) Pengaruh Ketersediaan Koleksi Keacehan Terhadap Pemenuhan Referensi Skripsi Mahasiswa Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Perpustakaan Majelis Adat Aceh (MAA). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pemanfaatan Referensi Skripsi] Text (Pemanfaatan Referensi Skripsi)
Evina Iman Sari, 160503073, FAH, IP.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh ketersedian koleksi keacehan terhadap pemenuhan referensi skripsi mahasiswa akhir Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) FAH Ar-Raniry Banda Aceh (Penelitian di Perpustakaan Majelis Adat Aceh (MAA).” Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh ketersedian koleksi keacehan terhadap referensi skripsi mahasiswa akhir Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di perpustakaan Majelis Adat Aceh (MAA). Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan regresi linier sederhana. Teknik pengumpulan data pada penilitian ini menggunakan kuesioner (angket) dan dokumentasi. Penyebaran angket dibagikan kepada 20 mahasiswa yang dijadikan sebagai sampel dan populasi. Teknik sampling yang digunakan untuk menentukan sampel adalah Total Sampling. Hasil menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara ketersediaan koleksi keacehan terhadap pemenuhan referensi skripsi mahasiswa SKI di Perpustakaan MAA yaitu sebesar 49,9%. Dari hasil uji korelasi diperoleh nilai sebesar 0,707 yang menunjukan hubungan antar variabel X dan variabel Y terdapat korelasa yang sedang atau cukup. Nilai konstantan menunjukan sebesar 5,218 sedangkan nilai b (koefesien regresi) sebesar 1,171. Dari hasil pengujian hipotesis terbukti bahwa F_hitung(17,956) >F_tabel (1,01), yang artinya bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dari uji determinasi (R2) diperoleh nilai sebesar 0,499. Dengan demikian dapat disimpulakan bahwa ketersediaan koleksi keacehan mempengaruhi pemenuhan referensi skripsi mahasiswa SKI di Perpustakaan MAA sebesar 49,9 % sedangkan sisanya 50,1% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi
000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 027 Perpustakan, Arsip, Pusat Informasi Umum
000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 027 Perpustakan, Arsip, Pusat Informasi Umum > 027.4 Perpustakaan Umum
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Evina Iman Sari Evina
Date Deposited: 06 Oct 2023 02:50
Last Modified: 06 Oct 2023 02:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33224

Actions (login required)

View Item
View Item