Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Keputusan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh Untuk Menabung Pada Bank Syariah

Arifin Rifqa, 190603142 (2023) Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Keputusan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh Untuk Menabung Pada Bank Syariah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Keputusan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh Untuk Menabung Pada Bank Syariah] Text (Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Keputusan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh Untuk Menabung Pada Bank Syariah)
Arifin Rifqa, 190603142, FEBI, PS, 082369303441.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Mahasiswa mempunyai masalah keuangan yang sangat kompleks, keputusan untuk menabung sangat dibutuhkan bagi para mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi keputusan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh untuk menabung pada Bank Syariah. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasinya adalah 1.406 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh angkatan 2019-2022 dengan 94 sampel. Teknik pengumpulan data kuesioner dengan menggunakan google form. Pengolahan data menggunakan SPSS Versi 26. Faktor internal pada penelitian ini adalah faktor persepsi dan faktor religiusitas sedangkan faktor eksternal yaitu faktor kualitas pelayanan dan faktor promosi. Berdasarkan hasil pengujian parsial bahwa variabel persepsi, promosi, dan religiusitas berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan nasabah. Sedangkan variabel kualitas pelayanan berpengaruh negatif dan tidak signifikan. Sedangkan secara simultan, variabel persepsi, kualitas pelayanan, promosi, dan religiusitas berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan menabung. Jumlah presentasenya sebesar 87,6%, sedangkan 12,4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dicantumkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Kualitas pelayanan, Promosi, Religiusitas
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Arifin Rifqa Arifin
Date Deposited: 06 Oct 2023 03:12
Last Modified: 06 Oct 2023 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33232

Actions (login required)

View Item
View Item