Komunikasi Persuasif Dosen Pembimbing Skripsi Terhadap Mahasiswa Dalam Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh)

Zulkarnaini, 160401024 (2023) Komunikasi Persuasif Dosen Pembimbing Skripsi Terhadap Mahasiswa Dalam Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Komunikasi Persuasif Dosen Pembimbing Skripsi Terhadap Mahasiswa Dalam Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh)] Text (Komunikasi Persuasif Dosen Pembimbing Skripsi Terhadap Mahasiswa Dalam Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh))
Zulkarnaini full.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi merupakan salah satu beban kuliah yang sering menjadi momok menakutkan bagi mahasiswa, terutama pada masa Pandemi Covid-19. Dosen pembimbing diharapkan dapat mengajak, menarik minat, dan mendorong mahasiswa untuk menyelesaikan skripsi. Dosen pembimbing skripsi diharapkan dapat menggunakan teknik komunikasi persuasif terhadap mahasiswa yang dibimbingnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan komunikasi persuasif oleh dosen pembimbing skripsi terhadap mahasiswa dalam masa pandemi Covid-19, faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan komunikasi persuasif dalam bimbingan skripsi mahasiswa di lingkungan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry. Fokus kajian penelitian ini adalah komunikasi persuasif yang digunakan oleh dosen pembimbing dalam proses bimbingan skripsi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah dosen pembimbing dan mahasiswa yang sedang melaksanakan bimbingan skripsi di lingkungan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan komunikasi persuasif dalam kegiatan bimbingan skripsi di lingkungan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry pada masa pandemi Covid-19 dilakukan dengan menerapkan teknik asosiasi, teknik integrasi, teknik ganjaran, teknik tataan, dan teknik red-herring, dan respon mahasiswa dalam menanggapi usaha komunikasi persuasif yang dilakukan oleh dosen pembimbing adalah sangat positif, karena dapat memudahkan mahasiswa untuk berkomunikasi dan menyampaikan permasalahannya saat bimbingan dengan dosen pembimbing, serta dapat membuat mahasiswa termotivasi untuk segera menyelesaikan skripsinya. 2) Faktor pendukung penerapan komunikasi persuasif adalah semangat dan kerja keras dari mahasiswa dan penggunaan media online dalam bimbingan skripsi, sedangkan faktor penghambat penerapan komunikasi persuasif dalam kegiatan bimbingan skripsi adalah mahasiswa yang bekerja tidak maksimal, dosen pembimbing lama memeriksa skripsi dan sering terjadi miskomunikasi antara dosen dan mahasiswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Zulkarnaini Zulkarnaini
Date Deposited: 06 Oct 2023 02:38
Last Modified: 06 Oct 2023 02:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33235

Actions (login required)

View Item
View Item