Pengaruh Return On Asset, Firm Size dan Growth Opportunity Terhadap Dividend Payout Ratio Pada Bank Umum Syariah yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2021

Nadia Aulina, 170603207 (2022) Pengaruh Return On Asset, Firm Size dan Growth Opportunity Terhadap Dividend Payout Ratio Pada Bank Umum Syariah yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2021. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of dividend   payout   ratio,   return   on   asset,   firm   size,   growth opportunity, Bank Umum Syari'ah] Text (dividend payout ratio, return on asset, firm size, growth opportunity, Bank Umum Syari'ah)
Nadia Aulina, 170603207, FEBI, PS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Kebijakan dividend yang dimaksud pada penelitian ini merupakan pembayaran atau pembagian dividen yang dilandaskan pa da nilai dari persentase laba bersih pada pemilik saham, dan sering juga dinamakan dengan dividend payout ratio (DPR). Dalam menentukan DPR ini, pihak manajemen harus mempertimbangkan beberapa faktor-faktor kinerja keuangan perusahaan melalui beberapa rasio-rasio keuangan. Di antara rasio keuangan tersebut adalah Return On Asset (ROA), firm size, dan growth opportunity. Tujuan penelitian ini untuk untuk menganalisis pengaruh ROA, firm size dan growth opportunity terhadap DPR (dividend payout ratio) pada Bank Umum Syari'ah yang terdaf tar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2021. Subjek penelitian adalah 4 Bank Umum Syariah, dengan rentang tahun pengamatan 2014-2021, sehingga jumlah subjek observasi adalah 20 pengamatan. Jenis data yang penulis gunaka n dalam penulisan skripsi ini data sekunder, yaitu data laporan keuangan tahunan perusahaan yang diperoleh dari website resmi Bursa Efek Indonesia www.idx.co.id, dan kemudian dianalisis secara kuantitatif dengan regresi linier berganda menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menemukan adanya pengaruh Return On Asset (ROA), Firm Size dan Growth Oppotunity secara bersama-sama atau simultan berpengaruh terhadap Dividen Payout Ratio pada Bank Umum Syariah yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2014-2021, baik itu secara simultan maupun secara parsial. Investor hendaknya terlebih dahulu mempertimbangkan variabel yang mempengaruhi Dividend Payout Ratio (DPR), karena aspek ini mengukur kemampuan perusahaan dalam menghasilkan tingkat laba atas investasi yang dilakukan pada perusahaan tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Nadia Aulina Nadia
Date Deposited: 11 Oct 2023 02:14
Last Modified: 11 Oct 2023 02:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33236

Actions (login required)

View Item
View Item