Peran Koperasi Simpan Pinjam Dalam Upaya Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kabupaten Aceh Barat (Studi Kasus pada Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Mandiri Jaya Meulaboh)

Marwiyati, 2017047401 (2023) Peran Koperasi Simpan Pinjam Dalam Upaya Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kabupaten Aceh Barat (Studi Kasus pada Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Mandiri Jaya Meulaboh). Jurnal Ilmiah Basis Ekonomi Dan Bisnis.

[thumbnail of Peran Koperasi Simpan Pinjam Dalam Upaya Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Kabupaten Aceh Barat (Studi Kasus pada Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Mandiri Jaya Meulaboh)] Text (Peran Koperasi Simpan Pinjam Dalam Upaya Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Kabupaten Aceh Barat (Studi Kasus pada Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Mandiri Jaya Meulaboh))
Peran Koperasi Simpan Pinjam dalam Upaya Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Aceh Barat (Studi Kasus pada Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Mandiri Jaya Meulaboh).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (242kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Koperasi Simpan Pinjam Mandiri Jaya (KSP) dalam pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Aceh Barat dan untuk mengetahui upaya Koperasi Simpan Pinjam Mandiri Jaya ( KSP) dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat di Kabupaten Aceh Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis kualitatif. Teknik pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Jumlah informan dalam penelitian ini adalah 6 orang yang terdiri dari 1 orang pegawai KSP Mandiri Jaya Meulaboh dan 5 orang pengusaha UMKM. Hasil dari penelitian ini adalah: 1). Peran koperasi simpan pinjam (KSP) Mandiri Jaya Meulaboh dalam pengembangan UMKM di Kabupaten Aceh Barat adalah sebagai penyedia pembiayaan permodalan dalam kegiatan UMKM untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan sebagai alternatif lembaga simpanan selain bank. 2) Upaya Koperasi Simpan Pinjam Mandiri Jaya Meulaboh (KSP) adalah memberdayakan ekonomi masyarakat melalui pemberian penyuluhan dan pendampingan untuk meningkatkan penjualan sehingga pengusaha dapat bertahan di pasar.

Item Type: Article
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ilmu Ekonomi
Depositing User: Marwiyati Marwiyati
Date Deposited: 06 Oct 2023 07:02
Last Modified: 06 Oct 2023 07:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33246

Actions (login required)

View Item
View Item