Pengaruh Penggunaan Media Animasi Nussa Dan Rara Terhadap Pengenalan Huruf Hijaiyyah Pada Anak Di TK Tanwirul Qulub Lamno

Ulfa Zuhrayani, 160210073 (2023) Pengaruh Penggunaan Media Animasi Nussa Dan Rara Terhadap Pengenalan Huruf Hijaiyyah Pada Anak Di TK Tanwirul Qulub Lamno. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengaruh Penggunaan Media Animasi Nussa Dan Rara Terhadap Pengenalan Huruf Hijaiyyah Pada Anak Di TK Tanwirul Qulub Lamno] Text (Pengaruh Penggunaan Media Animasi Nussa Dan Rara Terhadap Pengenalan Huruf Hijaiyyah Pada Anak Di TK Tanwirul Qulub Lamno)
Ulfa Zuhrayani, 160210073, FTK, PIAUD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Media animasi yaitu suatu media atau perantara untuk menyampaikan pesan di dalamnya terdapat serangkaian gambar atau tulisan yang disusun secara berurutan (frame) dalam aturan atau kurun waktu tertentu sehingga gambar atau tulisan akan nampak bergerak. Huruf hijaiyyah adalah huruf yang terdapat dalam Alquran dan ditulis dengan huruf Arab yang terdiri dari dua puluh sembilan huruf. Adapun permasalahan dalam Penelitian ini yang ada di TK Tanwirul Qulub Lamno yaitu pengaruh penggunaan media animasi Nussa dan Rara terhadap pengenalan huruf hijaiyyah di TK Tanwirul Qulub Lamno. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media animasi Nussa dan Rara terhadap pengenalan huruf Hijaiyyah pada anak di TK Tanwirul Qulub Lamno. Metode Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen. Sampel pada Penelitian ini adalah seluruh anak kelompok A2 TK Tanwirul Qulub Lamno yang berjumlah
20 anak yang berusia 4-5 tahun. Penelitian ini dilaksanakan dengan melalui tahap Pre test, Treatment dan Post test. Hasil Penelitian menunjukkan adanya pengaruh penggunaan media animasi Nussa dan Rara terhadap pengenalan Huruf Hijaiyah pada anak di TK Tanwirul Qulub Lamno. Hal tersebut terlihat dari perbandingan antara nilai pre test sebesar 4,5 sedangkan pada post test nilai rata-rata naik sebesar
10,1. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus Uji-t, hasil Penelitian menunjukkan bahwa Ha diterima sedangkan Ho ditolak, hal ini dikarenakan nilai thitung > ttabel yaitu 28,25 > 1,72. Dengan demikian terjadi penolakan Ho dan penerimaan Ha yang artinya terdapat pengaruh penggunaan media animasi Nussa dan Rara terhadap pengenalan huruf hijaiyyah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Ulfa Zuhrayani Ulfa
Date Deposited: 06 Oct 2023 03:53
Last Modified: 06 Oct 2023 03:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33277

Actions (login required)

View Item
View Item