Re-desain Pasar Tradisional Bina Usaha Kota Meulaboh

Nanda Mauliya, 170701121 (2023) Re-desain Pasar Tradisional Bina Usaha Kota Meulaboh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Re-desain Pasar Tradisional dengan Pendekatan Tema Fungsionalisme] Text (Re-desain Pasar Tradisional dengan Pendekatan Tema Fungsionalisme)
Nanda Mauliya - 170701121.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Pasar tradisional merupakan tempat transaksi jual beli secara lansung melalui proses tawar-menawar di antara penjual dan pembeli. Kondisi pasar tradisional saat ini sebagian besar terlihat kotor, kumuh, bau, semrawut, sempit, panas dan tidak dapat dipungkiri kesan tersebut telah menjadi stigma buruk bagi pasar tradisional itu sendiri. Pasar tradisional yang terkenal di kota meulaboh yaitu Pasar Bina Usaha. Pasar ini merupakan tempat bagi kalangan pedagang kecil menengah mengantungkan nasib dan hidupnya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun, kondisi Pasar tradisional Bina Usaha Meulaboh ini memiliki kekurangan dari aspek fungsi maupun kelayakan. Pasar tradisional Bina Usaha Meulaboh ini merupakan korban bangunan dari dampak bencana gempa bumi dan tsunami 2004 yang telah merusak beberapa bagian dari bangunan pasar. serta membuat masyarakat enggan memakai bangunan pasar tersebut dan memilih bahu jalan sebagai opsi untuk berjualan. Dengan adanya Redesain ini dilakukan agar bangunan pasar menjadi lebih baik dan menarik sehingga layak digunakan dan memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang melakukan aktivitas di pasar tersebut. Pendekatan Tema yang akan diterapkan dalam redesain ini adalah Arsitektur Fungsional dengan menghadirkan rancangan bangunan yang lebih teratur, jelas sesuai fungsi-nya serta membuat sirkulasi yang lebih efektif. Penggunaan pendekatan fungsional diharapkan dapat mengoptimalkan kembali fungsi dari Pasar Bina Usaha Meulaboh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 700 Arts and Recreation > 720 Architecture (Arsitektur)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitek
Depositing User: Nanda Mauliya Nanda
Date Deposited: 06 Oct 2023 04:12
Last Modified: 06 Oct 2023 04:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33284

Actions (login required)

View Item
View Item