Sistem Pakar Diagnosa Awal Mental Illness Psikosis Pada Pelajar Berbasis Web Menggunakan Metode Forward Chaining

Robbi Amanda Ilham, 170212075 (2023) Sistem Pakar Diagnosa Awal Mental Illness Psikosis Pada Pelajar Berbasis Web Menggunakan Metode Forward Chaining. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Sistem Pakar Diagnosa Awal Mental Illness Psikosis Pada Pelajar Berbasis Web Menggunakan Metode Forward Chaining] Text (Sistem Pakar Diagnosa Awal Mental Illness Psikosis Pada Pelajar Berbasis Web Menggunakan Metode Forward Chaining)
Robbi Amanda Ilham, 170212075, FTK, PTI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Kesehatan adalah bidang dengan urutan tertinggi dalam menunjang keberlangsungan aktivitas di seluruh kalangan dan merupakan kebutuhan dasar bagi setiap manusia. Seseorang dikatakan sehat bukan hanya sehat fisik saja, kesehatan mental juga perlu mendapatkan perhatian yang sama. Gangguan mental adalah suatu sindrom, psikologik, atau perilaku seseorang di mana menimbulkan disfungsi di dalam pekerjaannya. Dalam proses diagnosa untuk menentukan gangguan mental, dokter akan mengumpulkan data mengenai gejala-gejala yang mengindikasi pasien dan mendiagnosis pasien ke jenis gangguan mental yang dideritanya sesuai gejala yang dimiliki pasien. Namun kendalanya, tenaga medis atau jumlah dokter yang profesional dalam bidang kejiwaan tidak sebanding dengan pasien gangguan kejiwaan, sehingga membuat banyak orang mengalami kesulitan dalam mendiagnosa dini gangguan mental khususnya pasien dalam masa tahap remaja. Hal inilah yang melatarbelakangi penulis untuk merancang dan membuat sistem pakar berbasis web untuk mendiagnosa gangguan mental (mental illness) dengan metode forward chaining. Forward chaining adalah suatu penalaran yang dimulai dari fakta untuk mendapatkan kesimpulan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Extreme Programming (XP) yang merupakan bagian dari metode AGILE, terdiri dari empat tahap yaitu, Planning, Design, Coding, dan Test. Penelitian ini dibuat dengan menggunakan Bahasa pemrograman PHP dan disimpan dalam database MySQL. Hasil dari penelitian adalah sebuah aplikasi berbasis web yang dapat mendiagnosa gangguan mental. Pengujian sistem menggunakan kuesioner dengan responden pelajar. Berdasarkan kuesioner yang diberikan website, sistem pakar telah memenuhi ketiga aspek WebQual dengan perolehan nilai persentase 82,38% dalam kategori sangat baik sehingga dapat dioperasikan oleh pengguna.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Sistem Pakar, Forward Chaining, Mental Illness
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Robbi Amanda Ilham
Date Deposited: 06 Oct 2023 04:08
Last Modified: 06 Oct 2023 04:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33288

Actions (login required)

View Item
View Item