Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Materi Perangkat Lunak Pengolah Kata Berbasis Aplikasi Articulate Storyline Pada Kelas IX SMP N 1 Kluet Tengah

Ego Vanhanas Saputra, 180212057 (2023) Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Materi Perangkat Lunak Pengolah Kata Berbasis Aplikasi Articulate Storyline Pada Kelas IX SMP N 1 Kluet Tengah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of membahas bagaimana merancang media pembelajaran interaktif] Text (membahas bagaimana merancang media pembelajaran interaktif)
Ego Vanhanas Saputra, 180212057, FTK, PTI, 085297297208.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Dari obeservasi yang saya lakukan di SMPN 1 Kluet Tengah, guru masih menggunakan media konvensional sehingga kurang dalam pemanfaatan elektronik, kemudian siswa masih susah mengerti mengenai materi yang diajarkan karena pembelajaran disampaikan hanya berbentuk buku. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk merancang media pembelajaran dalam membantu proses pembelajaran sehingga memudahkan guru menjelaskan materi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D , dengan langkah observasi, perencanaan, desain produk, pembuatan produk, validasi produk, revisi produk, uji coba produk, pembagian angket, analisis dan kesimpulan produk. Teknik pengumpulan data berupa angket yang berisi 10 pertanyaan mengenai media pembelajaran. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini diambil dari 3 objek yaitu ahli media, ahli materi dan siswa. Untuk ahli media mendapakat hasil dengan nilai rata-rata 48,5 dengan persentase 97%, ahli materi mendapatkan nilai 50 dengan persentase 100% dan siswa mendapatkan nilai rata-rata 114,6 dengan persentase 91,6%. Sehingga mendapatkan kesimpulan pada penelitian ini Ha diterima dan Ho ditolak artinya media pembelajaran materi perangkat lunak pengolah kata berbasis articulate storyline layak digunakan atau diterapkan pada proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 004 Computer Science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Ego Vanhanas Saputra ego
Date Deposited: 06 Oct 2023 04:07
Last Modified: 06 Oct 2023 04:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33289

Actions (login required)

View Item
View Item