Efektivitas Kebijakan Dana Desa Dalam Penangulangan Pandemi Covid-19 di Desa Dasan Raja Kecamatan Penanggalan Kota Subulussalam

Rabitah Selian, 170802135 (2022) Efektivitas Kebijakan Dana Desa Dalam Penangulangan Pandemi Covid-19 di Desa Dasan Raja Kecamatan Penanggalan Kota Subulussalam. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Efektivitas, Teori Pemerintahan, Penanganan Covid-19] Text (Efektivitas, Teori Pemerintahan, Penanganan Covid-19)
Rabitah Selian, 170802135, FISIP, IAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Dana desa merupakan dana yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara yang di peruntukkan untuk desa, bantuan keuangan dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) diharapkan akan menjadi sumber pendapatan desa untuk menunjang pembangunan yang ada di desa. Dana desa digunakan sepenuhnya untuk memfasilitasi pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat desa, peningkatan kualitas hidup serta penanggulangan kemiskinan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas dana desa dalam penaggulangan pandemi covid-19 serta untuk mengetahui apa saja hambatan-hambatan dalam penyaluran program bantuan dana desa dalam penangggulangan pandemi covid-19. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Penggunaan Dana Desa Dalam Penanggulangan Pandemi Covid-19 di Desa Dasan Raja Kecamatan Penanggalan Kota Subulussalam sudah brjalan dengan baik. Dilihat dari Pertama pencapaian tujuan. Adanya program ini adalah untuk menjaga daya beli masyarakat, dan hal ini terbukti bahwa adanya program ini mampu membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya. Kedua Integrasi, menyangkut proses sosialisasi terhadap program ini. Dalam penyaluran ini tentunya diberitahukan tujuan dari program tersebut. Ketiga Adaptasi, yaitu kemapuan masyarakat dalam menyesuaikan lingkungannya, dalam hal ini menimbulakan suatu yang baru dalam kehidupan masyarakat untuk menerapkan protokol kesahatan. Adapun beberapa kendala dalam penanggulangan pandemic covid-19, Seperti kurangnya mastarakat menjaga kerbersihan lingkunagan sekitar. Hal ini terjadi karena masyarakat masih tidak percaya dengan virus ini. Selanjutnya kendala yang dihadapi masalah keterlambatan dana bantuan memalui dana desa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 350 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Rabitah Selian
Date Deposited: 06 Oct 2023 03:50
Last Modified: 06 Oct 2023 03:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33295

Actions (login required)

View Item
View Item