Perancangan Perpustakaan Umum di Kota Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya

Abdul Azis, 160701127 (2023) Perancangan Perpustakaan Umum di Kota Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Arsitektur Hijau] Text (Arsitektur Hijau)
Abdul Azis, 160701127, FST, ARS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (16MB)

Abstract

Berkembangnya teknologi zaman sekarang yang sudah mengalami kecangihan hingga pada perpustakaan pun sudah menggunakan teknologi digital, dikhawatikan hal ini akan membuat kondisi buku-buku menjadi tersingkir. Hal ini dapat menyebabkan minat baca masyarakat yang semakin lama semakin rendah. Factor lainnya juga dikarenakan fasilitas perpustkaan yang tidak memadai sebagai pusat pemberi informasi, serta tidak menariknya perhatian dari suatu bangunan.
“Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat berguna bagi kehidupan, salah satu untuk mendukung kemajuan pendidikan sangat dibutuhkan sarana perpustakaan dengan menyediakan bahan bacaan.”Aceh Barat Daya merupakan daerah yang belum menyediakan sarana perpustakaan umum, di daerah Aceh Barat Daya yang memiliki beberapa pesantren, sekolah, dan perguruan tinggi seperti Kampus Muhammadiyah Aceh Barat Daya dan sekolah perawat kesehatan. Sehingga sangat membutuhkan sarana perpustakaan umum bagi peningkatan literasi, pengembangan ilmu pengetahuan dan pembent agar menghadirkan suatu desain arsitektur yang dapat mendorong program kegiatan kreasi, edukasi, dan rekreasi melalui integrasi ruang dalam perpustakaan dengan taman. Penggunaan pendekatan bertema Arsitektur hijau pada rancangan perpustakaan umum sehingga bisa dijadikan sebagai contoh bagi penyelenggara bangunan yang dapat menghemat energi, air, material, dan sumber daya lainnya, mempertimbangkan dampak terhadap lingkungan, serta meningkatkan kualitas hidup penggunanya. Oleh sebab itu perpustakaan ini diharapkan dapat mendukung literasi dan kemajuan pendidikan di Aceh Barat Daya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
700 Arts and Recreation > 720 Architecture (Arsitektur)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitek
Depositing User: Abdul Azis Azis
Date Deposited: 06 Oct 2023 04:02
Last Modified: 06 Oct 2023 04:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33311

Actions (login required)

View Item
View Item