Ketidak-adilan dan Disabilitas : Studi Kasus tentang Perlakuan Diskriminatif Terhadap Disabilitas di Kecamatan Woyla Timur Kabupaten Aceh Barat

Sela Ariyanti, 180305028 (2023) Ketidak-adilan dan Disabilitas : Studi Kasus tentang Perlakuan Diskriminatif Terhadap Disabilitas di Kecamatan Woyla Timur Kabupaten Aceh Barat. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Ketidak-adilan, Diskriminasi, Anak Penyandag Disabilitas] Text (Ketidak-adilan, Diskriminasi, Anak Penyandag Disabilitas)
Sela Ariyanti, 180305028, FUF, SA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Selama ini anak disabilitas dipandang sebelah mata dan kerap mendapat perlakuan tidak adil. Sehingga anak disabilitas tidak memiliki hak yang sama dengan masyarakat lainnya. Di Kecamatan Woyla Timur perlakuan diskriminasi sering terjadi terhadap anak disabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk diskriminasi oleh masyarakat terhadap anak disabilitas dan mengetahui upaya pencegahan diskriminasi terhadap anak disabilitas di Kecamatan Woyla Timur Kabupaten Aceh Barat. Penelitian deskriptif kualitatif ini menggunakan teknik snowball sampling dalam menentukan informan. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi kemudian data dianalisis melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diketahui bahwa diskriminasi yang diterima oleh anak penyandang disabilitas di Kecamatan Woyla Timur Kabupaten Aceh Barat yaitu diasingkan, dibedakan, dihina, dan kekerasan fisik. Pemerintah Kecamatan Woyla Timur Kabupaten Aceh Barat belum melakukan upaya untuk mencegah perlakuan diskriminasi terhadap anak penyandang disabilitas baik melalui sosialisasi, surat himbauan, qanun, dan koordinasi dengan pihak-pihak lain di lingkungan kecamatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.1 Filsafat
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Sela Ariyanti Sela
Date Deposited: 06 Oct 2023 04:03
Last Modified: 06 Oct 2023 04:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33312

Actions (login required)

View Item
View Item